Transisi PSBB Jakarta

Kapolda Metro Sebut Ada 2.702 Personel Gabungan Dikerahkan untuk Amankan 243 Mal di Jadetabek

Sedikitnya 2.702 personel gabungan TNI-Polri untuk mengamankan 243 pusat perbelanjaan atau mal, di wilayah hukum Polda Metro Jaya atau di Jadetabek.

Penulis: Budi Sam Law Malau | Editor: Andy Pribadi
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengunjungi Mal Gandaria City di Jalan Iskandar Muda, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (16/6/2020) sore sekitar pukul 15.00 untuk mengecek penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI - Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengatakan pihaknya menurunkan sedikitnya 2.702 personel gabungan TNI-Polri untuk mengamankan 243 pusat perbelanjaan atau mal, di wilayah hukum Polda Metro Jaya atau di Jadetabek.

"Personel gabungan TNI-Polri tersebut akan berjaga di dalam dan luar mal, serta berkoordinasi dengan pihak pengelola pusat perbelanjaan atau mal untuk mematuhi protokol kesehatan dan menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung kebijakan tersebut," kata Nana, Selasa (16/6/2020).

Diantaranya kata dia dengan membuat papan himbauan, marka antrean pengunjung, membatasi kapasitas pengunjung 50 persen, melakukan pengecekan suhu tubuh, menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer serta jalur evakuasi pengunjung.

"Kepada masyarakat atau pengunjung juga diwajibkan menggunakan masker, mematuhi jaga jarak dan tidak berkerumun," katanya.

Dalam melaksanakan tugasnya, menurut Nana, petugas akan mengedepankan upaya persuasif dan humanis kepada pihak pengelola pusat perbelanjaan maupun kepada masyarakat pengunjung yang tak mematuhi
protokol kesehatan Covid-19.

"Komunikasi persuasif ini menjadi upaya yang diutamakan para petugas di lapangan yang mengawal untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 tersebut," ujar Nana.

Penegakan hukum menurutnya menjadi opsi paling akhir dalam pendekatan ke masyarakat terkait implementasi PSBB transisi tersebut.

Sebelumnya kata Nana Polda Metro Jaya telah melaksanakan rapat koordinasi dengan Kodam Jaya terkait dengan pelaksanaan dibukanya kembali Pusat Perbelanjaan atau Mal di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Diketahui saat ini terdapat 243 mal di wilayah hukum Polda Metro Jaya, dan 104 mall diantaranya berada di Jakarta yang kembali beroperasi sejak, Senin (15/6/2020).

Jumlah mal tersebut adalah, di Jakarta Pusat terdapat 24 mal dengan penjagaan 472 personil gabungan, Jakarta Timur 18 mal dijaga 325 personil gabungan.

Kemudian Jakarta Selatan terdapat 24 mal yang dikawal 200 personil, Jakarta Barat 22 mal dijaga 354 personil.

Selanjutnya, di Jakarta Utara ada 16 mall dijaga 321 personil, Depok 21 mal dikawal 105 personil, Bekasi Kota 35 mal dengan jumlah petugas 484 personil, Bekasi Kabupaten sebanyak 8 mal dijaga 64 personil, Tangerang Kota 31 mal petugas 181 personil dan Tangerang Selatan 44 mall dijaga 196 personil.

Kunjungi Mal Gandaria City, Kapolda Metro Nilai Penerapan Protokol Kesehatan Sudah Baik

Hari kedua sudah diperbolehkannya mal di Jakarta untuk beroperasi kembali, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengunjungi Mal Gandaria City di Jalan Iskandar Muda, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (16/6/2020) sore sekitar pukul 15.00.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved