Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Mensos Juliari Serahkan Bantuan untuk PMKS di Gelanggang Remaja Tanahabang

Penyerahan bantuan sosial tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada orang yang terdampak Pandemi Covid 19.

Penulis: Angga Bhagya Nugraha | Editor: Ahmad Sabran
warta kota
Mensos Berikan Bansos Bagi PMKS 

WARTAKOTALIVE.COM, TANAHABANG- Menteri Sosial, Juliari P. Batubara Bersama Dirjen Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat (kanan) menyerahkan bantuan sosial sembako kepada warga terlantar akibat Covid-19 di GOR Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Jumat (12/6/2020).

Penyerahan bantuan sosial tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada orang yang terdampak Pandemi Covid 19.

Puluhan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di tampung Dinsos DKI di GOR tersebut. 

Sebelumnya,

Menteri Sosial Juliari P. Batubara mendengarkan dengan sabar semua ‘curhatan’ para artis yang tergabung dalam komunitas C'nior mewakili pelaku film dan teater yang terdampak pandemi Covid-19.

Para artis senior ini memaparkan bagaimana pandemi Covid-19 telah membuat mereka dan para pekerja seni, terpuruk.

Mereka menyatakan, pandemi Covid-19, membuat pekerja film dan seniman kehilangan pekerjaan. Untuk itu, bantuan dari negara, dalam hal ini Kementerian Sosial, sangat diharapkan. 

“Pada prinsipnya kami siap membantu. Kami terbuka berapa penerima yang akan diajukan dari para artis dan pekerja film. Namun kami memohon juga bantuan kepada para artis senior untuk membantu memenuhi ketentuan yang berlaku,” kata Mensos Juliari dalam video conference dengan para artis senior, Kamis (4/6).

Para artis yang berbicara langsung dengan Mensos adalah Rano Karno, Ratna Riantiarno, Alicia Djohar, Debby Cintya Dewi, Deddy Mizwar,  Niniek L. Karim, Yatty Oktavia,  dan Baby Zelvia.

Mereka berbincang dengan Mensos Juliari, dengan dikoordinasi oleh Yessy Gusman, pasangan main Rano Karno dalam film ‘Gita Cinta dari SMA’. 

Menteri Sosial Juliari P. Batubara.
Menteri Sosial Juliari P. Batubara. (dok. Humas Kemensos)

Kepada para artis senior dimana diantaranya peraih Piala Citra, Mensos mengingatkan agar dalam pengajuan penerima bansos bisa mematuhi aturan yang berlaku. Diantaranya, penerima bansos harus memenuhi ketentuan by name by address (BNBA) dan memiliki NIK. 

“Karena bansos ini kan menggunakan uang negara, maka kan nanti akan tetap diperiksa keabsahannya. Oleh karena itu, data penerima yang sudah disampaikan para artis, akan terlebih dulu di-cleansing,” kata Mensos.

 Anggaran Bansos PKH Naik 25 Persen, Mensos Juliari Pastikan Rakyat Merasakan Manfaat

Para artis menyampaikan data penerima bansos sebanyak 2.156 orang. Dalam dialog virtual ini, mereka secara umum mengungkapkan bagaimana tekanan ekonomi yang harus dihadapi para artis, pekerja film, teater, seniman tradisional, dan sebagainya. 

“Mereka sudah tidak bekerja selama 3-4 bulan Pak Menteri. Saya sendiri duduk di Komisi X DPR RI yang membawahi seni budaya. Saya tahu persis bagaimana kehidupan mereka yang sangat sulit selama pandemi. Dengan bantuan yang akan diberikan Kemensos, kami ucapkan terima kasih. Ini maknanya pemerintah hadir di tengah pademi,” kata pemeran Doel dan sinetron ‘Si Doel Anak Sekolahan’ ini.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved