Berita Internasional

Iran Ketahuan Membuat Kapal Induk Palsu, Diduga untuk Latihan Perang Melawan AS

Replika itu menunjukkan Garda Revolusi Iran sedang mempersiapkan latihan untuk pertempuran melawan kapal induk AS.

Penulis: | Editor: Bambang Putranto
maxar/AP/alarabiya.net
Foto satelit menunjukkan Iran membangun kapal induk palsu yang akan digunakan untuk latihan perang menghadapi AS 

Wartakotalive, Jakarta - Iran ketahuan sedang membangun sebuah kapal induk tiruan persis seperti milik Angkatan Laut Amerika Serikat, yang diduga akan digunakan untuk latihan penyerangan.

Foto-foto satelit dari perusahaan penginderaan jauh Maxar Technologies, seperti ditulis alarabiya.net, beberapa hari lalu, menunjukkan replika itu menyerupai kapal induk AS kelas Nimitz.

Armada kapal induk AS rutin berlayar ke Teluk Persia dari Selat Hormuz, yang menjadi akses bagi lalulintas pengapalan sekitar 20 persen dari semua minyak dunia.

Hubungan AS dan Iran belakangan ini makin panas, terkait pengembangan teknologi nuklir Iran.

Meskipun belum diakui oleh para pejabat Iran, penampilan replika kapal induk itu di kota pelabuhan Bandar Abbas, menunjukkan Garda Revolusi Iran sedang mempersiapkan latihan untuk pertempuran melawan kapal induk AS.

Latihan serupa sudah dilakukan pada tahun 2015.

Replika tersebut membawa 16 tiruan jet tempur di geladaknya.

Kapal itu tampaknya memiliki panjang sekitar 200 meter dan lebar 50 meter. Nimitz asli memiliki panjang lebih dari 300 meter dan lebar 75 meter.

Kapal induk palsu itu berada tidak jauh dari tempat parkir armada kapal kecil cepat (spedboat) yang resmi diluncurkan oleh Garda Revolusi pada Mei lalu.

Kapal atau perahu cepat yang dipersenjatai peluru kendali dan senapan mesin itu sudah beberapa kali terlihat menguntit armada laut AS di Selat Hormuz.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved