Breaking News:

Liga Italia

Kompetisi Serie A Italia Bisa Dihadiri Penonton Lagi Mulai Bulan Agustus 2020

Menteri Kesehatan Italia, Carlo Sibilia, berharap penggemar Serie A sudah bisa hadir di stadion pada Agustus dan September 2020.

Penulis: Merdi Iskandar | Editor: Merdi Iskandar
AFP/Kompas.com
Penyerang AS Roma asal Pantai Gading, Gervinho (kanan), melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Fiorentina pada laga Serie A di Artemio Franchi, Minggu (25/10/2015). 

Menteri Kesehatan Italia, Carlo Sibilia, berharap penggemar Serie A sudah bisa hadir di stadion pada bulan Agustus dan September 2020.

Dia juga mengatakan kemungkinan pada bulan Juli mendatang kondisi di Italia sudah aman, tidak ada lagi penularan virus corona.

Jumlah penularan virus corona di Italia diklaim pemerintah negara itu sudah menurun.

Menteri Kesehatan Italia, Carlo Sibilia.
Menteri Kesehatan Italia, Carlo Sibilia. (lacnews24.it)

Hal itu yang membuat Serie A musim ini bakal diputar lagi dalam waktu dekat, termasuk Coppa Italia, yang kembali dimulai pada akhir pekan ini.

Pemerintah Italia juga telah melonggarkan aturan karantina wilayah (lockdown).

Orang-orang di sana sudah diperbolehkan datang ke bioskop, teater terbuka, dan acara-acara serupa.

Sibilia menuturkan, pertandingan sepak bola tanpa kehadiran penonton tidak akan sama.

Dia berharap suporter bisa menyaksikan lagi secara langsung tim kesayangannya bertanding, tetapi tetap dengan menaati aturan social distancing, atau jaga jarak aman.

"Kami semua paham, sepak bola tanpa penonton tidaklah sama," kata Sibilia kepada Radio Punto Nuovo.

Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi usai mengalahkan Fiorentina 2-1 sekaligus mengunci gelar juara Serie A di Stadion Allianz, Turin, Italia, Sabtu (20/4/2019)
Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi usai mengalahkan Fiorentina 2-1 sekaligus mengunci gelar juara Serie A di Stadion Allianz, Turin, Italia, Sabtu (20/4/2019) (Reuters/Massimo Pinca)

"Saya berharap suporter bisa datang ke stadion, tetapi harus hati-hati. Mungkin bisa terwujud saat Serie A memasuki periode Agustus atau September," tambahnya.

Sibilia mengaku tidak bisa menjamin kesehatan para penonton yang datang ke stadion untuk menyaksikan tim kesayangannya.

Namun, yang jelas dia bisa memastikan pertandingan sepak bola di Italia bisa berjalan normal lagi.

"Kalau bioskop itu lebih mudah mengaturnya. Katakan saja perbandingannya dengan sepak bola. Bioskop atau teater bisa menampung 1.000 orang, tetapi coba dibandingkan dengan 10.000 suporter berhimpitan di lorong stadion. Tentu sulit," katanya.

"Saya bisa pastikan bahwa sepak bola Italia bisa kembali berjalan normal. Kesehatan adalah prioritas utama," tambah Sibilia.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved