Breaking News:

New Normal

Gugus Tugas Terbitkan Surat Edaran Baru Soal Kriteria dan Syarat Perjalanan. Simak Penjelasannya

Gugus Tugas Terbitkan Surat Edaran Baru Soal Kriteria dan Syarat Perjalanan Orang Saat Adaptasi New Normal. Simak Penjelasannya

Editor: Dwi Rizki
istimewa
Kepala BNPB Doni Monardo 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Pembukaan sektor ekonomi di beberapa wilayah berimplikasi terhadap peningkatan aktivitas perjalanan orang dalam masa pandemi.

Menyikapi tahapan tersebut, Gugus Tugas Nasional mengeluarkan surat edaran baru.

Surat Edaran nomor 7 Tahun 2020 tersebut tentang kriteria dan persyarakatan perjalanan orang dalam masa adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman COVID-19.

Surat edaran baru tersebut ditetapkan oleh Ketua Pelaksanan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo pada 6 Juni 2020.

"Gugus Tugas menyusun kriteria dan syarat ini sebagai panduan perjalanan orang dalam masa adaptasi kebiasaan baru menuju kehidupan aman dan produktif," jelas Doni Monardo dalam siaran tertulis pada Senin (8/6/2020).

Tujuan utama dari kriteria dan syarat tersebut antara lain,

  1. Meningkatkan penerapan protokol kesehatan dalam kebiasaan baru sehingga tercipta kehidupan aman dan produktif
  2. Meningkatkan pencegahan penyebaran virus SARS-CoV-2.

Kasus Positif COVID-19 Terus Bertambah, Berikut Provinsi Terbanyak Kasus VIrus Corona di Indonesia

Dalam surat edaran tersebut, perjalanan memiliki definisi pergerakan orang dari satu daerah ke daerah lain berdasarkan batas wilayah administrasi provinsi, kabupaten dan kota.

Selain itu, didefinisikan sebagai kedatangan orang dari luar negeri memasuki wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum darat, perkeretaapian, laut dan udara.

"Surat edaran ini menetapkan empat kriteria dan syarat dalam melakukan perjalanan. Kriteria paling utama yaitu menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan," jelas Doni Monardo.

"Langkah yang harus dilakukan yaitu pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan," tambahnya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved