Breaking News:

Game

Game Sedang Jadi Primadona, Ini Mobile Game yang Mengisahkan Cerita Rakyat Indonesia

Game yang diluncurkannya menghadirkan karakter cerita rakyat Jawa Barat; Kabayan dan Nyi Iteung, serta Ratu Pantai Selatan Nyi Roro Kidul.

Kompas.com/Bill Clinten
ILUSTRASI Gameplay PUBG Mobile Lite di Samsung Galaxy A2 Core (atas) dan Xiaomi Redmi Go (bawah). Garena Indonesia membuat inovasi game terbaru bernama Fantasy Town yang menghadirkan elemen tentang Indonesia dengan tujuan melestarikan budaya melalui game. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 di Indonesia membuat seluruh sektor kehidupan terganggu, termasuk pariwisata.

Berangkat dari hal tersebut, Garena Indonesia membuat inovasi game terbaru bernama Fantasy Town yang menghadirkan elemen tentang Indonesia dengan tujuan melestarikan budaya melalui game.

Edmundo Swidoyono, produser Fantasy Town, mengatakan, game yang diluncurkannya menghadirkan karakter cerita rakyat Jawa Barat; Kabayan dan Nyi Iteung, serta Ratu Pantai Selatan Nyi Roro Kidul.

"Mengenalkan karakter cerita rakyat melalui game jauh lebih efektif, mengingat cerita rakyat menjadi akar budaya indonesia dan jarang diminati anak-anak jaman sekarang," kata Edmundo Swidoyono.

Hadirnya game yang menceritakan legenda di beberapa daerah di Indonesia mendapat respon positif Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Wishnutama Kusubandio.

Menurut Wishnutama Kusubandio, mobile game merupakan salah satu subsektor ekonomi kreatif dan mengenalkan budaya Indonesia melalui game patut diapresiasi.

Rafathar Malik Ahmad Tidak Boleh Sembarang Pegang Gadget dan Main Game, Ini Alasan Nagita Slavina

Sambil Main Game Online Dele Ali Sumbang 10 Juta Pound untuk Komunitas Rentan Covid-19

Apalagi cerita rakyat saat ini mulai banyak ditinggalkan.

"Menghadapi dampak pandemi Covid-19 di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, digitalisasi menjadi makin terakselerasi," kata Wishnutama.

Mobile games sebagai salah satu subsektor ekonomi kreatif, khususnya pengembangan gamifikasi, lanjutnya, rasanya cukup efektif untuk mengenalkan budaya dan cerita rakyat melalui mobile games.

"Kami harapkan kedepannya semakin banyak developer games yang mengangkat dan mengenalkan cerita rakyat Indonesia sejalan dengan gerakan Bangga Buatan Indonesia," katanya.

Karakter Nyi Roro Kidul, Kabayan dan Nyi Iteung bisa didapatkan secara gratis oleh pengguna dengan melakukan pra-registrasi dan pendaftaran melalui fantasytown.co.id.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved