Breaking News:

Tinju

Floyd Mayweather Sesumbar dengan Menyebut Dirinya Lebih Besar dari Muhammad Ali

Floyd Mayweather Jr sesumbar dengan mengaku lebih hebat ketimbang legenda tinju dunia, Muhammad Ali, karena dia tidak pernah terkalahkan.

KOMPAS.com/AL BELLO/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP
Floyd Mayweather Jr. merayakan kemenangan atas Pacquiao dalam tarung 12 ronde di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Nevada, Sabtu (2/5) malam atau Minggu pagi WIB. 

Mantan petinju kelas welter asal Amerika Serikat (AS), Floyd Mayweather Jr, kembali sesumbar.

Kali ini mengaku lebih hebat ketimbang legenda tinju dunia, Muhammad Ali, karena sepanjang kariernya tidak pernah merasakan kekalahan.

“Jika kita berbicara tentang hukuman paling sedikit (kalah) dan memecahkan rekor, itu adalah saya,” ujar Mayweather, seperti dilansir Sport Bible.

Petinju Amerika Serikat Floyd Mayweather Jr. berpose menjelang IBF World Welterweight Championship di AT&T Stadium, Arlington, Texas, Amerika Serikat pada Sabtu (16/3/2019).
Petinju Amerika Serikat Floyd Mayweather Jr. berpose menjelang IBF World Welterweight Championship di AT&T Stadium, Arlington, Texas, Amerika Serikat pada Sabtu (16/3/2019). (ANTARA/AFP/TOM PENNINGTON)

Meski mengaku dirinya lebih hebat dari Ali, tetapi Mayweather mengakui dirinya bisa hebat di arena tinju karena jasa Ali.

“Muhammad Ali membuka jalan bagi saya untuk ada di dunia tinju. Dia seorang legenda. Namun, ketika berbicara tentang pemecahan rekor, kita harus berbicara tentang Ali kehilangan gelar juara dunianya hanya dengan tujuh pertarungan,” ujar pria berjuluk The Money itu.

“Saya harus memberi penghormatan kepadanya, tetapi tidak tepat bagi olahraga ini untuk mengatakan bahwa ada petinju lain yang lebih hebat dari saya,” tambah dia.

Mayweather memiliki karier yang gemilang di ring tinju.

Petinju kelahiran Michigan, AS, itu tidak pernah menyentuh kekalahan sepanjang kariernya.

Dilansir dari BoxRec.com, Mayweather selalu menang dalam 50 pertandingan yang dijalaninya, dengan 27 di antaranya melalui KO.

Sementara Ali disebut sebagai petinju terhebat sepanjang masa.

Muhammad Ali
Muhammad Ali (Time Magazine)

Pria yang mengembuskan napas terakhirnya pada tanggal 3 Juni 2016 itu memiliki peran penting dalam memajukan olahraga tinju.

Terlahir dengan nama Cassius Marcellus Clay Junior, Ali menjelma sebagai petinju paling fenomenal yang pernah dikenal dunia.

Ali merupakan petinju pertama yang merebut sabuk gelar juara dunia kelas berat untuk tiga kesempatan berbeda dan mempertahankannya sebanyak 19 kali.

Namun, beberapa kali Ali harus kehilangan gelar juara. Pada bulan Februari 1978, Ali kehilangan sabuk juara setelah kalah dari Leon Spinks dalam pertarungan sepanjang 15 ronde. Kemudian dia merebutnya lagi.

Hal itu yang membuat Mayweather tidak setuju jika Ali yang disebut sebagai Greatest of All Time (GOAT) di dunia tinju.

Penulis: Merdi Iskandar
Editor: Merdi Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved