Breaking News:

New Normal

Sejumlah Gereja di Kota Depok Masih Tutup, Ibadah Dilakukan Online Meski Sudah Diizinkan Buka

sejumlah gereja yang ada di Kota Depok ini masih tetap memutuskan untuk melaksanakaan ibadah secara online melalui video streaming.

Wartakotalive/Vini Rizki Amelia
Jemaat di GPIB Pancaran Kasih masih sepi, hanya tampak dua jemaat yang tengah menunggu siaran video streaming di mulai di GPIB Pancaran Kasih, Jalan Tole Iskandar, Cilodong, Depok, Minggu (7/6/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK -- Meski Wali Kota Depok Mohammad Idris telah memberikan ijin untuk dibukanya lagi kegiatan keagamaan di rumah atau tempat-tempat ibadah.

Namun sejumlah gereja yang ada di Kota Belimbing ini masih tetap memutuskan untuk melaksanakaan ibadah secara online melalui video streaming.

Seperti yang dilakukan Gereja Protestan Indonesia Barat - GPIB Pancaran Kasih yang berlokasi di Jalan Tole Iskandar, Sukamaju, Cilodong, Depok.

Anggota Majelis GPIB Pancaran Kasih, Maria mengatakan, hingga kini pihaknya masih terus melakukan ibadah secara streaming melalui media sosial Youtube.

"Sampai hari ini kami masih melakukan (ibadah) online karena belum ada hasil keputusan baik melalui surat, wacana ataupun pembicaraan di kalangan kami," papar Maria kepada Warta Kota saat ditemuindi GPIB Pancaran Kasih, Jalan Tole Iskandar, Cilodong, Depok, Minggu (7/6/2020).

Panduan Lengkap dari Kementerian Agama Pengaturan Ibadah di Masa New Normal

Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) Pancaran Kasih yang berlokasi di Jalan Tole Iskandar, Sukamaju, Cilodong, Depok.
Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) Pancaran Kasih yang berlokasi di Jalan Tole Iskandar, Sukamaju, Cilodong, Depok. (Wartakotalive/Vini Rizki Amelia)

Dengan belum adanya arahan dari PGI ataupun Majelis Sinode GPIB, Maria mengaku pihaknya masih terus melakukan ibadah secara online sampai nantinya ada arahan atau petunjuk dari Majelis Sinode.

"Jadi, nanti akan ada (aturan) tertulisnya, nggak hanya hasil kasak kusuk atau perbincangan ramai, harus ada bukti suratnya, nanti kan pemerintah yang turunkan ke PGI melalui Sinode GPIB, baru kemudian diturunkan kepada kami majelis atau pengurus harian," ujarnya.

Untuk GPIB Pancaran Kasih, Mari mengatakan pihaknya telah menutup ibadah di gereja sehak 21 Marer lalu pasca ramainya Covid-19 di Indonesia.

Sejak saat itu, ibadah mulai dilakukan melalui video streaming yang dibagikan di akun Youtube GPIB Pancaran Kasih.

PSBB Transisi Jakarta Diterapkan, Anies Izinkan Tempat Ibadah Dibuka Kembali, ini Syaratnya

Diakui Maria, banyak pertanyaan dari para jemaat mengenai kapan dibukanya kembali ibadah secara langsung di gereja.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved