Breaking News:

Liga 1 2020

Indra Sjafrie Anggap Penting Menggulirkan Liga di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Alasannya

Indra Sjafrie Anggap Penting Menggulirkan Liga di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Alasannya. Simak selengkapnya di dalam berita ini

Warta Kota/Didit
Poster live Instagram Super Ball bersama Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Walaupun masih pro dan kontra, direktur teknik PSSI, Indra Sjafri mengatakan penting untuk menggulirkan kembali kompetisi sepak bola Indonesia baik liga 1 dan liga 2.

Dasar pemikiran yang membuat PSSI menginginkan kompetisi digulirkan yaitu, Indonesia harus mengkampanyekan kepada dunia, kepada FIFA, kepada AFC, bahwa Indonesia sudah belajar dengan kehidupan normal.

"Ini adalah sebuah pengalaman berkompetisi di saat pandemi. Kami juga telah menyiapkan protokol itu," ujarnya saat sesi obrolan santai bersama Super Ball yang disiarkan langsung di Instagram wartakotalive, Jumat (5/6/2020).

Selain itu, Indra Sjafri mengatakan, ketua umum PSSI dan pengurus PSSI, diamanatkan oleh kongres untuk memutar kompetisi.

 Pemain Bhayangkara FC Indra Kahfi Setuju dengan Rencana Digelarnya Kompetisi Pemanasan

PSSI juga takut melanggar statuta, sehingga PSSI memanggil seluruh klub untuk berunding bersama baik klub Liga 1 maupun Liga 2 agar tidak ada aturan yang dilanggar.

"PSSI yang berada dibawah AFC dan FIFA, tentu orang di luar tidak tahu PSSI minta petunjuk dari AFC maupun FIFA," terangnya.

Selain itu, konteks pernah di sanksi FIFA karena tidak berkompetisi membuat prestasi timnas Indonesia menurun.

Bahkan kemampuan pemain pun turut berdampak olehnya.

Kepenringan lainnya adalah PSSI harus memikirkan pemain U-20 yang akan berkompetisi di Piala Dunia U-21 tahun depan.

"Walaupun pemain sudah terpilih, tapi kompetisi begitu penting. Kepentingan pertama yaitu dari 47 pemain terpilih yang terbaik, tapi kami akan mencari pemain terbaik lainnya. Kedua, yang namanya TC timnas bukanlah 47 pemain, paling hanya 32 atau 23 pemain, sisanya bisa bermain di kompetisi, atau ada off TC, pemain akam dikembalikan ke klub dan berlatih di klub dengan baik dan ikut kompetisi," terangnya.

 Indra Sjafri Punya Protokol Pribadi di Tengah Pandemi Covid-10

Untuk membuat regulasi yang baik, makanya pihaknya mengundang seluruh klub Liga 1 dan Liga 2 beserta APPSI agar bermusyawarah.

Namun, jika berpatokan pada pernyataan FIFA, federasi juga berhak untuk merubah aturan kompetisi dan menghentikan kompetisi.

Indra Sjafri pun belum mengetahui apakah pilihan tersebut yang akan dipilih nantinya.

Namun, pihaknya juga punya referensi regulasi negara-negara dibawah naungan AFC dan FIFA yang melanjutkan kompetisi seperti Jepang yang tanpa degradasi.

Ia pun mengharapkan masyarakat pecinta sepak bola bersabar dalam menunggu keputusan kompetisi sepak bola Indonesia.

Penulis: Rafzanjani Simanjorang
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved