Virus Corona

Era New Normal Tamu Presiden Harus Rapid Test

Menghadapi era kenormalan baru, tamu Presiden Joko Widodo harus jalani Rapid Test sebelum masuk istana. Simak penjelasan Kepala Sekretariat Presiden.

Biro Pers Setpres/Lukas
Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta Pusat, Kamis (4/6/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sekretariat Presiden telah menyusun berbagai aturan baru terkait masih mewabahnya Covid-19.

Hal ini antara lain mulai dengan protokoler acara kenegaraan yang hanya menghadirkan sedikit pejabat, juga dengan mengetes

cepat tamu-tamu yang akan bertemu presiden.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin memberi penjelasan tentang peliputan kepresidenan
Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin memberi penjelasan tentang peliputan kepresidenan (Biro Pers Setpres/Lukas)

Rencana penerapan tatanan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19 terus dipersiapkan di sejumlah tempat, termasuk di lingkungan Istana Kepresidenan.

Sejumlah aspek mulai dari kegiatan harian hingga acara kenegaraan yang diselenggarakan di Istana disesuaikan dengan merujuk pada protokol kesehatan yang ketat.

Salat Jumat di Masjid Istana Presiden Joko Widodo Jaga Jarak dengan Jemaah Lainnya

Jokowi Pasang Target Baru Uji Spesimen 20.000 per Hari

"Yang pertama adalah kita lihat arahan Bapak Presiden bahwa kita memang sudah mulai harus melakukan kegiatan sehari-hari dengan melakukan new normal. Bagaimana kesiapannya? Kita untuk kesiapan Istana adalah semua, jadi mulai dari Bogor, Jakarta, Tampaksiring, Yogya, itu semua diperlakukan," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta Pusat, Kamis (4/6/2020).

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno membuat simulasi jarak antarjemaah di Masjid Baiturrahim, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (4/6/2020).
Menteri Sekretaris Negara, Pratikno membuat simulasi jarak antarjemaah di Masjid Baiturrahim, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (4/6/2020). (Biro Pers Setpres/Rusman)

Penerapan prosedur standar kenormalan baru untuk sarana tempat ibadah di Masjid Baiturrahim Istana Kepresidenan Jakarta telah dilakukan hari ini bertepatan dengan momen Salat Jumat, hari ini Jumat (5/6/2020).

Heru mengungkapkan, masjid hanya menampung 20 persen dari kapasitas maksimal.

"Yang tadinya 750 jadi 150 (jemaah)," kata Heru.

Tak hanya itu, sejumlah prosedur juga nantinya akan diberlakukan sebagai standar baru.

Halaman
12
Editor: Alex Suban
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved