USS Gerald R Ford, Kapal Induk Terbaru AS Seharga Rp 188 Triliun, Bisa Beroperasi 50 Tahun

Kapal induk terbaru AS, USS Gerald R Ford terus diuji coba, harga pembangunannya mencapai Rp 188 triliun.

istimewa
USS Gerald R Ford, kapal induk terbaru AS senilai Rp 188 triliun. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kapal induk terbaru AS, USS Gerald R Ford terus diuji coba, harga pembangunannya mencapai Rp 188 triliun.

Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) bersiap menguji suara dan tautan data yang akan menghubungkan kapal induk terbaru merekaUSS Gerald R Ford ke kapal perang lainnya.

Militer AS terus melakukan tes komando dan kontrol ketika USS Gerald R Ford beroperasi di perairan Atlantik selama melakukan serangkaian uji coba selama satu setengah tahun ke depan.

2020, Rudal Hipersonik China Akan Mampu Tenggelamkan Kapal Induk AS

"Kami ingin membuat Ford mulai melakukan beberapa interaksi dasar dengan kapal perang lainnya," kata Laksamana Muda Craig Clapperton, Komandan Carrier Strike Group 12, dalam konferensi pers, Senin (1/6/2020), seperti dilansir Defenseone.

Itu berarti, menghubungkan USS Geral R Ford secara elektronik dengan kapal induk lain, kapal perusak, kapal penjelajah, pesawat tempur, dan markas besar darat di seluruh dunia. 

Mengutip Kompas.com, USS Gerald R Ford memulai uji coba pelayaran sejak Juli 2017 setelah menjalani proses konstruksi selama delapan tahun. 

Kapal Induk AS Mendekat, China Bersiap Ladeni Ancaman Paman Sam

 

Ini adalah kapal induk dengan klasifikasi "supercarrier" dengan bobot lebih dari 100.000 ton. 

Kapal induk USS Gerald R Ford.2
Kapal induk USS Gerald R Ford.

USS Gerald R Ford kelak akan menggantikan kapal induk kelas Nimitz yang masih beroperasi sejak mulai AS gunakan pada 1970-an.

Namanya diambil dari  Presiden AS ke-38.  

AS Luncurkan Kapal Induk Tercanggih

Kapal induk kelas Nimitz bisa berlayar dengan kecepatan di atas 30 knot, mengarungi perairan selama 90 hari tanpa harus mengisi ulang perbekalan, dan meluncurkan pesawat terbang ratusan kilometer dari sasaran. 

Salah satu kapal induk kelas Nimitz adalah USS Theodore Roosevelt yang bisa berlayar 159 hari tanpa singgah di pelabuhan saat bertugas dalam Operasi Enduring Freedom. 

Desain kelas Nimitz memang telah mengakomodasi berbagai teknologi terbaru dalam beberapa dekade terakhir, tetapi tetap saja kemampuannya terbatas untuk teknologi terbaru. 

AL Amerika Serikat Resmikan Kapal Induk Teranyar

Nah, USS Gerald R Ford dirancang untuk mengikuti teknologi terbaru, dengan desain yang jauh lebih efisien.

Salah satu yang AS tingkatkan kemampuannya adalah dek yang juga berfungsi sebagai landasan pacu.

Dengan teknologi baru, USS Gerald R Ford bisa melayani 160 sortie sehari dan bisa ditingkatkan hingga maksimal 270 sortie sehari. 

Halaman
123
Editor: Max Agung Pribadi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved