Berita Video

VIDEO: Ganjil Genap New Normal, Ditlantas Polda Metro Jaya Tunggu Keputusan Pemprov DKI Soal PSBB

"Jika PSBB diperpanjang, maka otomatis peniadan ganjil genap juga akan kita perpanjang. Tetapi jika tidak diperpanjang, maka kita

Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI- Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan untuk pemberlakuan kembali pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomor polisi ganjil dan genap, pihaknya tetap menunggu keputusan Pemprov DKI, terkait penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta, yang akan berakhir, 4 Juni 2020 mendatang.

Selama ini kata Sambodo peniadaan aturan ganjil genap, seiring dengan penerapan PSBB di DKI.

"Jika PSBB diperpanjang, maka otomatis peniadan ganjil genap juga akan kita perpanjang. Tetapi jika tidak diperpanjang, maka kita akan melakukan rapat kordinasi terkait khususnya dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta," katanya di Mapoda Metro Jaya, Rabu (3/6/202.

Rapat kordinasi itu kata Sambodo untuk menentukan kapan pemberlakuan ganjil genap dilakukan. "Apakah tanggal 5 Juni atau tanggal 6 Juni diberlakukannya, jika PSBB tahap ke 3 tidak diperpanjang Pemprov DKI dan berakhir 4 Juni," kata Sambodo.

Menurutnya jika aturan ganjil genap diberlakukan kembali, pihaknya perlu mensosialisasikan kembali ke masyarakat.

"Sehingga masyarakat bisa memahami bahwa apakah aturan ganjil genap itu, diberlakukan kembali atau tidak," katanya.

Seperti diketahui Ditlantas Polda Metro Jaya tidak memberlakukan aturan ganjil genap selama masa PSBB di DKI.

Sebelumnya Sambodo mengakui bahwa sejumlah ruas jalan di wilayah DKI mulai mengalami kepadatan arus lalu lintas pada Selasa (2/6/2020) pagi.

Hal ini kata Sambodo terjadi karena beberapa perkantoran di sejumlah wilayah di Jakarta sudah buka dan sedang mempersiapkan untuk memperbolehkan karyawannya bekerja di masa new normal atau normal baru.

"Memang hari ini mulai ada peningkatan volume kendaraan di sejumlah jalan protokol karena sejumlah perkantoran dan layanan yang kembali buka dan mulai beraktifitas," kata Sambodo, Selasa.

Meski begitu katanya kepadatan yang terjadi, tidak seperti saat di masa normal sebelum pandemi Covid-19.

Volume kendaraan yang mulai meningkat Selasa pagi katanya terjadi di Jalan MH Thamrin hingga Jalan Sudirman, di beberapa titik. Juga di sekitar kawasan SCBD dan beberapa jalan protokol lain di sejumlah wilayah.

"Meski meningkat, aturan ganjil genap belum diberlakukan. Rencananya ganjil genap akan diberlakukan saat PSBB di Jakarta, berakhir 4 Ju

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved