Breaking News:

Kerusuhan di AS

Tiga Skenario SBY Soal Amerika Serikat Pasca Kerusuhan George Floyd : Apa yang Akan Terjadi?

Tiga Skenario SBY Soal Amerika Serikat Pasca Kerusuhan George Floyd : Apa yang Akan Terjadi?

Kompas.com
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Presiden Republik Indonesia keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memprediksi kondisi Amerika Serikat pasca aksi unjuk rasa hingga kerusuhan yang dipicu tewasnya George Floyd- warga Minnesota berdarah Afrika-Amerika yang tewas dianiaya Kepolisian Minnesota.

SBY memaparkan setidaknya ada tiga skenario yang akan terjadi di Amerika pasca kerusuhan yang meluas di sejumlah negara bagian Amerika Serikat.

"Lebih dari satu minggu ini media internasional menyiarkan dan memberitakan terjadinya aksi-aksi unjuk rasa yang masif di Amerika," ungkap SBY dalam sisaran tertulis pada rabu (3/6/2020).

"Termasuk tayangan kekerasan, kerusuhan, vandalisme dan bahkan penjarahan yang terjadi di banyak kota. Akan berkembang ke manakah gerakan sosial ini dan seperti apa pula akhirnya.. belum bisa ditebak," tambahnya.

walau begitu, lanjutnya, terdapat tiga skenario yang menurutnya bisa terjadi.

Skenario pertama, dengan penanganan yang tepat, yakni paduan antara persuasi dan law enforcement, akhirnya aksi-aksi sosial yang cenderung rusuh itu bisa diredakan.

Dirinya menduga ini skenario terbaik yang diinginkan oleh pemerintahan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

"Saya kira mayoritas rakyat Amerika juga menginginkan demikian. Skenario ini tak memerlukan konsesi apapun yang mesti diberikan oleh pemerintah," ungkap SBY.

Skenario kedua, unjuk rasa makin meluas.

Gabungan unsur polisi, National Guard dan elemen tentara federal (misalnya polisi militer) tak mampu menghentikan atau meredakannya.

Halaman
1234
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved