Breaking News:

PSBB Depok

Adaptasi Kebiasaan Baru, Wali Kota Depok Melarang Anak Dibawah 12 Tahun dan Lansia Salat di Masjid

Idris mengingatkan pengurus masjid untuk tidak memperbolehkan jamaah yang sudah lanjut usia (lansia)dan anak di bawah usia 12 tahun salat Jumat.

Warta Kota/Vini Rizki Amelia
Wali Kota Depok Mohammad Idris saat mengecek kesiapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Masjid Baiturahman, Jalan Tole Iskandar, Sukmajaya, Depok, Rabu (3/6/2020) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan Kota Depok siap menerapkan New Normal atau tatanan kenormalan baru di wilayahnya pasca mulai menurunnya tren Reproduksi Efektif Covid-19.

Salah satunya dengan melakukan pengecekan langsung di Masjid Baiturahman yang berlokasi di Jalan Tole Iskandar, Sukmajaya, Depok, Rabu (3/6/2020).

Pengecekan tersebut dilakukan untuk mengetahui sejauh mana masjid yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Merah ini dalam melaksanakan ibadah.

 Lion Air Group Hentikan Sementara Operasional Penerbangan Mulai 5 Juni 2020, ini Penyebabnya

 Anies akan Terapkan Pembatasan Sosial Berskala Lokal di 62 RW, ini Daftarnya

Yaitu saat penerapan New Normal atau disebut sebagai Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kota Depok.

Selain kunjungannya tersebut, Idris memastikan penerapan protokol kesehatan benar-benar dilakukan, diantaranya penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh, dan pengaturan jaga jarak fisik.

Menurut Idris, pengaturan jarak fisik yang diberlakukan di Kota Depok merupakan hasil diskusi pihaknya terhadap peraturan-peraturan yang ada.

Baik dari World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia maupun dari kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Kita ambil jalan tengahnya, kalau WHO menerapkan minimal 2 meter dan provinsi 30 kapasitasnya, maka kami putuskan untuk mengatur jarak 1,5 meter," papar Idris kepada wartawan di Masjid Baiturahman, Jalan Tole Iskandar, Sukmajaya, Depok, Rabu (3/6/2020).

Sementara itu, Idris mengingatkan pengurus masjid untuk tidak memperbolehkan jamaah yang sudah lanjut usia (lansia)dan anak di bawah usia 12 tahun salat Jumat.

 Kim Kardashian Cari Pelajar Perempuan yang Wajahnya Ditembak saat Demo di AS ini,Aku Mau Obati Dia

 Beredar Kabar Para Pilot Kena PHK, ini Penjelasan Dirut Garuda Indonesia

 DMI Terbitkan Surat Edaran Serukan Masjid Dibuka kembali untuk Salat Lima Waktu dan Salat Jumat

"Terutama lansia yang punya penyakit generatif seperti gula (diabetes) dan lainnya, tidak disarankan ke masjid karena rentan (terkena penyakit)," katanya.

Selain itu, Idris juga meminta kepada para pengurus rumah ibadah dalam melakukan pengecekan suhu tubuh menggunakan termograf, kesediaan hand zanitizer, serta memastikan para jamaah menggunakan masker.

"Sebagai stimulan pada masjid, rumah ibadah, gereja, dan klenteng, kita lakukan pemberian satu masjid 2 atau 3 termograf hand sanitizer, dan masker," akunya.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Mohamad Yusuf
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved