Berita Video

VIDEO: Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, 679 WNI ABK MV Westerdam Dievakuasi

Komandan Lantamal III Brigjen Mar Hermanto mengatakan dari 679 WNI ABK MV Westerdam yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok

warta kota
ratusan WNI ABK MV Westerdam tiba di Dermaga JICT 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (2/6). 

WARTAKOTALIVE.COM, TANJUNGPRIOK - Sebanyak 679 WNI ABK kapal pesiar asing MV Westerdam tiba di Dermaga JICT 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (2/6) untuk selanjutnya dievakuasi ke penginapan yang telah ditentukan.

Ratusan WNI ABK MV Westerdam tersebut tiba di lokasi dengan menggunakan dua sekoci. Mereka kemudian langsung menjalani protokol kesehatan Covid-19 seperti penyemprotan disinfektan oleh petugas berpakaian hazmat.

Komandan Lantamal III Brigjen Mar Hermanto mengatakan dari 679 WNI ABK MV Westerdam yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok tersebut kebanyakan didominasi oleh laki-laki.

“Kita kembali melakukan evakuasi terhadap ABK Warga Negara Indonesia sebanyak 679 personel dari satu kapal Amsterdam dengan jumlah 45 perempuan dan 634 pria,” kata Hermanto, di lokasi, Selasa (2/6).

Kapal pesiar yang berangkat dari Filipina dan membawa ratusan WNI ABK tersebut telah tiba sejak kemarin. Mereka lalu dievakuasi anggota TNI AL ke Dermaga JICT 2 dengan jarak kurang lebih 4 mil atau 30 menit dari lokasi sandar.

Selanjutnya ratusan WNI ABK tersebut dievakuasi ke tempat penginapan yang telah ditentukan. Mereka di sana akan menjalani isolasi mandiri selama 14 hari kedepan dan mengikuti proses pemeriksaan rapid dan swab test Covid-19.

“Ada tiga hotel yang sudah disiapkan. Nanti tim dari KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) sudah siap di hotel untuk melakukan swab, mungkin 2-3 hari akan ada hasilnya,” sambung Hermanto.

Hermanto berharap kondisi ratusan WNI ABK tersebut dalam keadaan baik-baik saja. Apabila nantinya ada yang dinyatakan positif Covid-19, maka petugas akan mengirim mereka ke RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Kalau yang negatif nanti, tentunya akan kita kembalikan ke kampung halamannya. Kemudian yang positif tentunya akan dibawa ke rumah sakit atau ke Wisma Atlet,” ungkap Hermanto. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved