Breaking News:

Otomotif

Pemilihan Ban yang Tepat akan Tekan Biaya Operasional, Ini Keunggulan Ban Radial Hankook Tire AH30 

Salah satu unsur biaya tidak tetap yang paling utama adalah konsumsi bahan bakar, konsumsi oli, dan pemakaian ban pada kendaraan.

Penulis: Mochammad Dipa | Editor: Fred Mahatma TIS
Hankook Tire
Hankook Tire - AH30. Ban radial TBR (truck and bus) AH30 memberikan biaya pemakaian ban, CPK atau rupiah per kilometer yang lebih rendah dibanding produk-produk sebelumnya. 

"Dengan strategi pemilihan produk (ban) dan penghitungan biaya yang tepat, sangat berpengaruh terhadap efisiensi biaya operasional kendaraan...”

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Biaya operasional yang besar menjadi masalah utama pada aspek transportasi logistik.

Umumnya, biaya Operasional Kendaraan (BOK) bagi kendaraan niaga seperti truk, cargo, dan container, dikelompokkan menjadi biaya tetap (fixed cost) dan biaya tidak tetap (variable cost).

Salah satu unsur biaya tidak tetap yang paling utama adalah konsumsi bahan bakar, konsumsi oli, dan pemakaian ban pada kendaraan. 

Produsen Ban Hankook Tire Kawal Pengusaha Hindari ODOL, Ini Strateginya

Hankook Tire Kembangkan Teknologi Sistem Inspeksi Otomatis, Para Ahli Fokus Keselamatan Pengemudi

National Sales Manager Truck and Bus Radial (TBR) PT Hankook Tire Sales Indonesia Ahmad Juweni mengatakan, meskipun pemakaian ban termasuk dalam biaya tidak tetap dalam operasional kendaraan, ada sejumlah perhitungan dan strategi yang dapat dilakukan pelaku usaha untuk menghemat biaya operasional kendaraan sejak tahap perencanaan biaya.

“Biaya ban seringkali tidak begitu dianggap berpengaruh pada biaya operasional karena biasanya pelaku usaha hanya memperhitungkan harga beli ban saja," paparnya.

"Padahal, dengan strategi pemilihan produk dan penghitungan biaya yang tepat, sangat berpengaruh terhadap efisiensi biaya operasional kendaraan,” tambah Ahmad Juweni dalam keterangan resminya, Senin (1/6/2020).

Produksi 31.000 Ban per Hari, Penjualan Hankook Tire Indonesia Masih Didominasi Pasar Luar Negeri

Ban Truk dan Bus Menjadi Line Up Hankook Tire Tahun 2019

Hitung Biaya ban

Ahmad memprediksi biaya ban memakan sekitar 20-25 persen dari proporsi biaya operasional kendaraan secara keseluruhan yang mencakup bahan bakar, oli, suku cadang dan biaya perawatan kendaraan lainnya. 

Menurut Ahmad Juweni, untuk menghitung biaya penggunaan ban dapat dilakukan dengan satuan cost per kilometer (CPK) sebelum memutuskan membeli ban, yaitu harga satu unit ban dibagi jarak tempuh (kilometer) perjalanan yang ditargetkan.

Kemudian, akan diperoleh biaya per kilometer untuk satu ban yang nantinya dikali dengan jumlah ban pada kendaraan tersebut.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved