New Normal

Sebelum Daftar SIKM, Simak Sepuluh Kekeliruan Masyarakat Soal SIKM Berikut Faktanya

Sebelum Daftar SIKM, Simak Sepuluh Kekeliruan Masyarakat Soal SIKM Berikut Faktanya

ANTARA FOTO/FAUZAN via Kompas.com
Petugas memeriksa kendaraan di gerbang tol Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (27/5/2020). Petugas memutarbalikkan kendaraan menuju Jakarta yang tidak dilengkapi surat izin keluar masuk (SIKM) Jakarta dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 sesuai Pergub DKI Jakarta Nomor 47 Tahun 2020. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -  Tetap berada di rumah dan ikuti protokol pemerintah dalam pencegahan penyebaran covid-19 serta Taati Peraturan terkait Pelaksanaan PSBB di wilayah DKI Jakarta

Salah satu yang termasuk dikecualikan dari larangan melakukan kegiatan berpergian dengan tujuan keluar dan/atau masuk Provinsi DKI Jakarta yaitu setiap orang yang karena tugas dan pekerjaannya memiliki SIKM.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta Benni Aguscandra.

Dipaparkannya, ketentuan utama dalam perizinan SIKM merupakan dispensasi dari larangan keluar dan/atau masuk wilayah Provinsi DKI Jakarta yang diberikan kepada orang, pelaku usaha, atau orang asing yang karena tugas dan pekerjaannya termasuk pada 11 sektor yang diizinkan beroperasi selama pelaksanaan PSBB di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

SIKM juga dapat diberikan kerena keperluan yang bersifat mendesak.

Keperluan mendesak yang dimaksud yaitu perjalanan orang yang anggota keluarga intinya sakit keras atau meninggal dunia

Namun terdapat banyak kekeliruan yang beredar di masyarakat soal SIKM.

Kekeliruan tersebut pun memicu membludaknya pendaftaran SIKM.

Tercatat, sejak SIKM dibuka Jumat, 15 Mei 2020 lalu hingga Minggu, 31 Mei 2020, Perizinan SIKM telah diakses oleh 463.738 pengguna dengan Total Permohonan mencapai 39.850 permohonan SIKM

Dari total 39.850 permohonan SIKM, setelah melalui proses verifikasi penelitian administrasi dan penelitian teknis perizinan hanya 5,7 persen atau sebanyak 2.286 Pemohon yang memenuhi ketentuan utama Perizinan SIKM dan SIKM diterbitkan secara elektronik yang terenskripsi dengan QR Code.

Halaman
12
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved