Virus Corona

Pimpinan DPRD DKI Sebut Anak-Anak Stres Terlalu Lama Keluar dari Aktivitas Belajar

Pimpinan DPRD DKI Sebut Anak-Anak Stres Terlalu Lama Keluar dari Aktivitas Belajar. Simak selengkapnya di dalam berita ini.

kompas.com
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PAN Zita Anjani, mengkritisi kebijakan pemerintah daerah yang tidak tegas mengenai pembukaan sekolah.

Dia menolak penutupan sekolah yang terlalu lama.

Putri dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) ini bahkan memandang anak-anak sudah mengalami ‘stres’ karena tercabut dari dunianya untuk mengenyam pendidikan.

“Anak-anak sudah stres, sehingga perkembangan emosional dan sosialnya terganggu. Saya pendidik, ikatan batin saya dengan anak-anak rasanya sangat kuat,” kata Zita berdasarkan keterangan yang diterima pada Senin (1/6/2020).

Kerusuhan dan Penjarahan Pasca Kematian George Floyd Diduga Terorganisir, Benarkan Rusia Terlibat?

“Tidak tahan rasanya lihat mereka tercabut dari dunianya. Negara harus menyiapkan dunia yang aman buat anak-anak, bukan menggantung bahkan menjauhkannya,” tambah Zita.

Dalam kesempatan itu, Zita juga menilai pemerintah pusat dan daerah juga tidak memiliki rencana yang jelas. Kata dia, pemerintah harus bertanggung jawab memberikan ketenangan.

“Situasi tidak pasti karena yang dibutuhkan warga, kejelasan. Kalau sudah turun dari seribu ke enam ratus per hari (pertumbuhan kasus Covid-19 baru), mall kita buka. Tetapi kalau kembali turun dari enam ratus ke tiga ratus, sekolah kita buka. Kalau naik lagi, sekolah kita tutup lagi. Jadi, kita punya harapan dan ukuran. Tidak seperti sekarang, digantung,” ungkapnya.

Bahkan Zita juga mempertanyakan kesiapan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam menyiapkan kurikulum belajar online. Di sisi lain, prosedur penyelenggaraan pendidikan dalam menghadapi kenormalan baru atau new normal masih belum disampaikan.

“Bikin kurikulum online juga yang bisa jadi panduan. Kalau mau diskusi siapa saja ayuk, saya bisa jelaskan dari A sampai Z. Kalau ini siap, besok juga bisa buka sekolah, karena bila tidak disiapkan, bulan Desember juga masih berisiko,” imbuhnya. 

Buntut Perseteruan Lahan dan Kekerasan Anak Petani di Simalungun, Karyawan Perusahaan Pulp Diperiksa

 

WAGUB TEGASKAN INI

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan pemerintah daerah belum berencana untuk membuka kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah pada 13 Juli 2020 mendatang.

Halaman
1234
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved