Layanan Publik

Layanan Perpanjangan SIM Dibuka Terapkan Protokol Kesehatan, Polri Tetap Beri Dispensasi

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah membuka kembali layanan memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) sejak Sabtu (30/5/2020).

WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
Pemohon pelayanan SIM di Satpas SIM Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat. 

WARTAKOTALIVE.COM, KEBAYORAN BARU - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah membuka kembali layanan memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) sejak Sabtu (30/5/2020).

Meski begitu, masa dispensasi bagi masyarakat pemegang Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masa berlakunya habis pada masa pandemi corona diperpanjang sampai 29 Juni 2020.

Semula dispensasi diberikan bagi pemegang SIM yang habis pada periode 17 Maret hingga 29 Mei 2020.

Kini dispensasi diperpanjang bagi pemegang SIM yang masa berlakunya hingga 29 Juni 2020 untuk bisa memperpanjang setelah tanggal tersebut.

Dispensasi semula diberikan karena layanan SIM pada 28 Maret - 29 Mei 2020 tutup. Kini, Kepolisian telah membuka layanan SIM pada 30 Mei 2020.

"Jadi meski layanan dibuka, masa dispensasi diperpanjang biar lebih memudahkan masyarakat," kata Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin saat dikonfimasi, Senin (1/6/2020).

Pelayanan Perpanjangan SIM di Satpas SIM Daan Mogot Dibuka, Jumlah Pemohon Melonjak

Dia berharap, layanan memperpanjang SIM dibuka kembali tidak menimbulkan antrean di Kantor Satpas SIM di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat.

"Sebab dengan dispensasi ini, pemegang SIM yang habis masa berlakunya pada 17 Maret hingga 29 Juni, tidak perlu membuat baru atau mengikuti proses dari awal saat ini."

"Tapi cukup memperpanjang saja setelah tanggal 29 Juni, dengan tidak mengikuti proses dari awal seperti tes tertulis dan tes mengemudi," katanya.

Menurut Lalu Hedwin, perpanjangan masa dispensasi itu merupakan bentuk empati Polri pada masa pandemi Covid-19 saat ini kepada masyarakat.

Halaman
1234
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved