Breaking News:

Hari Lahir Pancasila

Anggota DPR dari Fraksi PKS, Anis Byarwati, Ajak Masyarakat Terapkan Nilai-nilai Pancasila

Anis mengajak seluruh warga negara Indonesia untuk memaknai kembali nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.

warta kota
Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi PKS, Anis Byarwati 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh pada Senin, 1 Juni 2020, politisi PKS Anis Byarwati menyampaikan ajakannya.

Dia mengajak seluruh warga negara Indonesia untuk memaknai kembali nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.

"Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sangat luhur. Sudah seharusnya seluruh warga Indonesia mempelajari dan memaknainya kembali," ujar Anis dalam siaran persnya di Jakarta (1/6/2020).

BERITA FOTO: Masjid Raya KH Hasyim Asyari Siap Tampung Pemudik untuk Isolasi

Adaptasi New Normal, Ridwan Kamil Turunkan Mobil-Mobil Tes Covid Sidak Tempat Keramaian

Wanita dan Dua Pria Berada di Tempat Karaoke Diamankan Polisi di Mojokerto, Jawa Timur

Butik Barang Mewah Juga Menjadi Sasaran Penjarahan dalam Kerusuhan di Amerika Serikat

 

Anis menjelaskan, para pendiri bangsa memahami dengan baik, keragaman yang terdapat pada bangsa Indonesia.

Dengan pemikiran yang matang dan cita-cita yang luhur untuk membuat persatuan dalam keragaman tersebut, mereka merumuskan satu kalimat yang menjadi slogan dan prinsip seluruh anak bangsa.

Kalimat tersebut adalah Bhineka Tunggal Ika (Berbeda-beda/beragam tetapi tetap satu) yang dituliskan dalam sebuah perisai yang digenggam erat oleh cakar burung Garuda dalam lambang negara Indonesia.

Anggota DPR RI fraksi PKS ini juga menambahkan bahwa tidak hanya makna yang terkandung dalam kalimat Bhineka Tunggal Ika yang menjadi pemersatu bangsa Indonesia, namun kandungan nilai dalam sila-sila Pancasila memiliki keluhuran tersendiri yang perlu difahami dan diterapkan oleh seluruh warga negara Indonesia.

Lebih lanjut, legislator dari dapil Jakarta Timur ini menjelaskan bahwa ditengah situasi sulit bangsa ini terutama karena dampak pandemik Covid-19, hari kelahiran Pancasila hendaknya menjadi momentum.

Pengamat Sebut Pilkada Kota Tangsel 2020 Bak Persaingan Dinasti Dan Non Dinasti

BERITA FOTO: Begini Persiapan Petugas Pelaksanaan New Normal di Lapangan, Kota Mana Saja yang Siap?

Pocong Gentayangan Bikin Geger Warga di Purbalingga, Lempar Batu ke Rumah Tak Ada Bekas

Perpanjang Masa PSBB Kota Tangsel, Airin Sebut karena Angka Penularan Masih Tinggi

Momentum untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila yaitu keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, lebih empati pada sesama manusia, semangat untuk saling membantu dan bersatu, bijaksana membangun kesejahteraan rakyat.

Bahkan menurut Anis, penerapan nilai-nilai luhur Pancasila ini menjadi kunci tercapainya Indonesia yang dicita-citakan para pendiri bangsa.

"Penerapan nilai - nilai luhur Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, menjadi kunci untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera, adil, dan bermartabat," pungkasnya.

Penulis: Dodi Hasanuddin
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved