New Normal

Jokowi Harapkan New Normal Tumbuhkan Geliat Ekonomi, Pengusaha Justru Pesimis Soal Biaya Operasional

Jokowi Harapkan New Normal Tumbuhkan Geliat Ekonomi, Pengusaha Justru Pesimis Soal Biaya Operasional

ist
Gunernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menerima cinderamata dari Ketua Umum Kadin DKI Jakarta, Diana Dewi, usai melakukan pengukuhan kepengurusan Kadin DKI Jakarta masa bakti 2019-2014. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Harapan sekaligus tujuan yang dilontarkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan diberlakukannya new normal rupanya tidak sejalan dengan kalangan pengusaha.

Jokowi berharap agar new normal dapat menumbuhkan geliat ekonomi di tengah keterpurukan imbas pandemi.

Bertolak belakang dengan harapan Jokowi, para pengusaha di DKI Jakarta justru merasa khawatir menghadapi new normal di tengah pandemi Covid-19.

Dikutip dari Kompas.com, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Diana Dewi mengatakan, para pengusaha khawatir pemasukan yang mereka dapatkan nantinya tidak sebanding dengan biaya operasional yang dikeluarkan.

"Kalau usahanya dimulai, lalu pangsa pasarnya tidak ada, itu akan memengaruhi kapital yang semakin berkurang di mana biaya operasional tetap keluar, sedangkan income tidak balance," ujar Diana saat dihubungi Kompas.com, Minggu (31/5/2020).

Diana menjelaskan, daya beli masyarakat belum tentu sudah pulih saat pemerintah mulai menerapkan era new normal.

Sebab, banyak warga yang perekonomian terdampak Covid-19. Angka pengangguran pun melonjak.

Hal itulah yang menyebabkan para pengusaha di Jakarta khawatir untuk memulai kembali usahanya saat new normal nanti.

"Sampai saat ini, sebagian pengusaha masih ada yang ragu untuk melangkah dengan keputusan mau memulai operasional atau menunggu," kata Diana.

"Bila usaha dimulai kembali tapi Covid-19 masih mewabah, ini akan berpengaruh terhadap daya beli masyarakat yang belum pulih. Tetapi, kalau (usahanya) tidak juga dimulai, kapan bisa memulihkan ekonomi pengusaha itu sendiri," tambah dia.

Halaman
12
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved