Penerapan Fase New Normal di Kota Bekasi Bakal Dibuka Sepenuhnya Saat PSBB Berakhir 4 Juni Nanti

New normal kan kita sedang siapkan regulasinya, tapi pemkot karena tingkat pandeminya sudah lengang, makanya kita lakukan semacam adaptasi-adaptasi,

Warta Kota/Muhammad Azzam
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi 

Penerapan new normal atau adaptasi kebiasan baru dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Kota Bekasi akan diberlakukan secara secara penuh setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar adalah (PSBB) selesai.

“Insya Allah tanggal 4 Juni (setelah PSBB Berakhir) bersamaan dengan DKI atau tanpa DKI Jakarta (penerapan new normal secara penuh),” kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Jumat, (29/5/2020) seperti dilansir TribunJakarta.com.

Sejauh ini, kata Rahmat, pihaknya sudah mulai membolehkan tempat usaha dan rumah ibadah di zona hijau melakukan aktivitas dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan.

“New normal kan kita sedang siapkan regulasinya, tapi pemkot karena tingkat pandeminya sudah lengang, makanya kita lakukan semacam adaptasi-adaptasi, semisal tempat ibadah, semisal tempat makanan sudah kita lakukan,” jelasnya.

Adaptasi-adaptasi yang maksud diantaranya, memboleh usaha rumah makan melayani pelanggan makan di tempat dengan membatasi kapasitas pengunjung.

Hal yang sama juga berlaku untuk tempat usaha lain, mereka diperbolehkan berpoperasi dan wajib memperhatikan protokoler kesehatan.

Sedangkan untuk pusat perbelajaan atau, Pemkot Bekasi sejauh ini belum dapat memberikan izin beroperasi.

Hanya tenan penjual kebutuhan pokok, kesehatan dan makanan yang boleh buka.

PSBB di Kota Bekasi sejauh ini diperpanjang dari yang semula berakhir pada, Selasa, (26/5) kini menjadi Kamis, (4/5).

Perpanjangan ini sesuai keputusan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tentang pelaksanaan PSBB di Kabupaten/Kota Bogor, Kabupaten/Kota Bekasi dan Kota Depok (Bodebek)

“Ya memang harus diperpanjang teruskan virusnya belum ada vaksin, kalau dicabut PSBB-nya, orang pakai masker kan pembatasan sosial, teruskan kita lakukan new normal atau adaptasi tatanan kehidupan baru, ya sama masker tetap kita pakai,” tegas dia.

Penulis: Dedy
Editor: Dedy
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved