PSBB Jakarta

Ini Alasan PKL Tanah Abang Kembali Berjualan di Trotoar Jalan, Kalau di Rumah Terus Makan Apa?

Sempat tutup pasca sehari lebaran sebelumnya, kini Pedagang Kaki Lima (PKL) Pasar Tanah Abang kembali bermunculan

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Wito Karyono
WARTA KOTA/JOKO SUPRIYANTO
Pedagang di Pasar Tanah Abang Jatibaru mulai kembali berjualan dan menggelar lapak, setelah tutup beberapa hari pasca-Lebaran, Sabtu (30/5/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, TANAH ABANG -- Sempat tutup pasca sehari lebaran sebelumnya, kini Pedagang Kaki Lima (PKL) Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat kembali mengelar lapaknya di trotoar.

Selain PKL beberapa kios yang berada Pasar Tanah Abang Jatibaru juga mulai sudah mulai buka, mereka kebanyakan merupakan pedagang pakaian muslim.

Pantauan Wartakotalive.com meski PKL juga menghiasi beberapa area trotoar di Jalan Jatibaru, dan ada beberapa kios yang sudah mulai beraktiftas, namun pengujung yang datang tidak begitu ramai.

Dibandingkan Ramadan, Pasca-Lebaran Pasar Tanah Abang Masih Sepi Pedagang Kaki Lima

Mal dan RS di Tangsel Akan Dibuka Serentak, Hanya Saja Tanggalnya Tunggu Pemerintah Pusat

Justru, hanya pedagang yang nampak terlihat lebih banyak dari pada pembeli yang datang, hal ini tentu pemandangan yang jauh berbeda ketika waktu menjelang lebaran beberapa minggu lalu.

Salah satu pedagang Ida (43) mengatakan jika ia baru pertama kembali membuka tokonya setelah sehari sebelum lebaran tutup.

Ia mengaku membuka tokonya tak lain, karena tidak lagi memiliki pemasukan untuk kebutuhan hidup.

Pemprov DKI Jajaki Pembukaan Kembali Rumah Ibadah

"Baru buka ini. Tadi, kalo tutup terus mau makan apa, pemasukan dari sini semua. Jadi ngak punya pilihan lain selain berjualan," kata Ida di Tanah Abang, Sabtu (30/5/2020).

Selain itu Ida menyinggung mengenai rencana Pemerintah mengenai new normal, ia pun berharap pemerintah tidak lagi memperanjang PSBB.

Sehingga para pedagang tak lagi dibebankan dengan kondisi itu.

LSI Denny JA Sarankan Daerah Lain Contoh Kesuksesan Bali Tanggulangi Covid-19

"Nah itu kan rencana mau di buka semua ya. Ya lebih baik gitu. Sekarang mah kita jaga diri masing-masing aja lah. Kalo kita di rumah terus ya kita ngak punya uang," katanya.

Pengawasan Ketat

Perumda Pasar Jaya berencana akan melakukan peningkatan pengawasan terhadap sejumlah Pasar Tradisional Pasar Jaya saat penerapan kenormalan baru atau new normal oleh pemerintah.

Satpol PP Jakarta Pusat menertibkan PKL Pasar Tanah Abang yang masih bandel membuka lapak dan kios mereka di tengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Selasa (19/5/2020).
Satpol PP Jakarta Pusat menertibkan PKL Pasar Tanah Abang yang masih bandel membuka lapak dan kios mereka di tengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Selasa (19/5/2020). (WARTA KOTA/JOKO SUPRIYANTO)

Apalagi Pasar Tradisional menjadi salah satu titik yang memang lebih sulit menerapkan protokol kesehatan mulai dari physical distancing hingga pengunaan masker pembeli dan pedagang.

Arman Depari Sesalkan Jeringan Narkotika Masih Beroperasi di Lapas Akibat Lemahnya Pengawasan

Atas kondisi ini Manager Umum dan Humas Pasar Jaya, Gatra Vaganza mengatakan pihaknya telah melakukan beberapa tindakan-tindakan sesuai prosedur yang telah diperintahkan oleh Pemerintah.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved