Liga Italia

Menteri Olahraga Italia Mengancam Para Pemain Liga Italia untuk Menjaga Kesehatan

Menteri Olahraga Italia, Vincenzo Spadafora, resmi memperbolehkan kompetisi Liga Italia bergulir pada 20 Juni mendatang.

Kompas.com/AFP/MARCO BERTORELLO
Cristiano Ronaldo membawa bola ke titik tengah pertandingan Juventus vs Parma di Stadion Allianz, Turin, dalam lanjutan Serie A , Liga Italia, 2 Februari 2019. 

WARTAKOTALIVE.COM, ITALIA  - Menteri Olahraga Italia, Vincenzo Spadafora, resmi memperbolehkan kompetisi Liga Italia bergulir pada 20 Juni mendatang, setelah terhenti akibat wabah virus corona.

Pengumuman tersebut dilakukan Spadafora seusai bertemu panitia Lega Serie A, AIC (Asosiasi Pemain Italia), FIGC (PSSI-nya Italia), dan Asosiasi Dokter Olahraga Italia, Kamis (28/5/2020) waktu setempat.

Pemain Inter Milan Lautaro Martines diantara beberapa pemain Lecce. Inter ditahan Lecce 1-1 sehingga posisinya rawan digusur Lazio di Papan Klasemen Liga Italia
Pemain Inter Milan Lautaro Martines diantara beberapa pemain Lecce. Inter ditahan Lecce 1-1 sehingga posisinya rawan digusur Lazio di Papan Klasemen Liga Italia (twitter @inter)

"Ini pertemuan yang sangat berguna. Kami sudah bilang sejak awal bahwa sepak bola akan dilanjutkan jika kondisi yang menjamin kesehatan dan keselamatan sudah tercapai," ujar Spadafora kepada Corriere dello Sport.

Menurut Spadafora, CTS (Komite Sains Teknikal) sudah menyetujui protokol kesehatan untuk pertandingan yang diajukan oleh FIGC.

Riset Indometer Sebut Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Berpotensi Maju di Pemilu 2024

Protokol itu tidak jauh berbeda dari protokol untuk latihan yang juga telah disetujui.

"Ada jaminan dan kesepakatan bersama soal apa yang harus dilakukan jika ada pemain yang dites positif di tengah kompetisi," lanjutnya.

Dalam kasus seperti itu, tercapai kesepakatan bahwa seluruh tim akan diisolasi selama 14 hari. Individu yang dites positif itu akan dikarantina.

Spadafora juga menyatakan, FIGC menjamin bahwa sudah ada Plan B dan Plan C seandainya kompetisi disetop lagi karena ada gelombang kedua Covid-19.

"Jika terjadi penghentian kompetisi lagi, akan ada Plan B dan Plan C. Plan B adalah menggunakan play-off untuk menentukan posisi yang krusial di klasemen. Sedangkan Plan C adalah memakai klasemen yang sudah ada," imbuhnya.

Terungkap, Depok Kekurangan Wanita sebagai Tim Pemulasaraan Covid-19, Ini yang Dilakukan

Plan C yang dimaksud Spadafora tampaknya adalah penggunaan rata-rata poin di klasemen yang sudah eksis seperti yang dilakukan di Liga Prancis.

"Jika diperlukan, FIGC yang akan mengeksekusi Plan B dan Plan C," ujar Spadafora.

Hari ini, Jumat (29/5/2020), Lega Serie A akan mengadakan pertemuan lagi untuk menentukan jadwal pertandingan lengkap Liga Italia dimulai lagi.

Penulis: Valentino Verry
Editor: Valentino Verry
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved