Virus Corona

Liverpool Dituding Sebagai Salah Satu Penyebab Merebaknya Virus Corona di Inggris

Pertandingan Liverpool kontra Atletico Madrid, di Stadion Anfield, memicu ledakan penularan Covid-19, penyakit akibat virus corona.

Twitter @LiverpoolFC
Selebrasi pemain Liverpool usai bantai Leicester City 4-0 yang notabene peringkat dua. Liverpool kini makin kokoh di Puncak klasemen 

Liverpool dituding sebagai salah satu penyebab merebaknya virus corona di Inggris.

Menurut penelitian epidemiologi genetik di Inggris, pertandingan Liverpool kontra Atletico Madrid memicu ledakan penularan Covid-19, penyakit akibat virus corona.

Pernyataan Liverpool sebagai salah satu penyebab merebaknya virus corona di Inggris disampaikan oleh Profesor Tim Spector dari King's College London, yang memimpin pelacakan penyebaran Covid-19 di Inggris.

Profesor Tim Spector dari King's College London, yang memimpin pelacakan penyebaran Covid-19 di Inggris.
Profesor Tim Spector dari King's College London, yang memimpin pelacakan penyebaran Covid-19 di Inggris. (Twitter)

Kepada BBC, Spector menyatakan ada dua kegiatan besar di Inggris yang memicu lonjakan penyebaran virus corona di negara itu.

Kegiatan pertama adalah Festival Cheltenham, festival tahunan balap kuda di Inggris, yang digelar pada 16-19 Maret 2020 waktu setempat.

Pada tahun ini, festival tersebut dihadiri oleh lebih dari 251.000 orang, turun sebanyak 15.000 orang dibanding peserta tahun lalu.

Festival Cheltenham, 16-19 Maret 2020 waktu setempat. Pada tahun ini, festival balap kuda di Inggris itu dihadiri oleh lebih dari 251.000 orang, turun sebanyak 15.000 orang dibanding peserta tahun lalu.
Festival Cheltenham, 16-19 Maret 2020 waktu setempat. Pada tahun ini, festival balap kuda di Inggris itu dihadiri oleh lebih dari 251.000 orang, turun sebanyak 15.000 orang dibanding peserta tahun lalu. (Newsweek.com)

Kegiatan kedua adalah pertandingan Liverpool melawan Atletico pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2019-2020, 11 Maret 2020 waktu setempat.

Sebanyak 52.000 orang penonton, termasuk 3.000 suporter tim tamu dari Madrid, Spanyol, berdesak-desakan di dalam Stadion Anfield, Liverpool, guna menyaksikan duel yang dimenangi Atletico dengan skor 3-2 melalui babak tambahan.

Sadio Mane dan Mohammed Salah bersalaman usai mencetak gol pertama untuk Liverpool oleh Salah.
Sadio Mane dan Mohammed Salah bersalaman usai mencetak gol pertama untuk Liverpool oleh Salah. (twitter @LFC)

Kedua agenda itu berlangsung sebelum pemerintah Inggris menerapkan kebijakan karantina wilayah (lockdown).

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, baru meminta warganya untuk mengisolasi diri di rumah pada tanggal 23 Maret 2020.

Halaman
123
Penulis: Merdi Iskandar
Editor: Merdi Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved