Virus Corona

Ridwan Kamil Resmi Perpanjang PSBB di Wilayah Bodebek dan Luar Bodebek, Depok Hanya Sampai 4 Juni

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akhirnya menyetujui perpanjangan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Depok.

Warta Kota/Rafzanjani Simanjorang
Ridwan Kamil saat memberikan keterangan pers kepada wartawan di Mall Summarecon Bekasi, Selasa (26/5/2020). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Vini Rizki Amelia

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akhirnya menyetujui perpanjangan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Depok.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Barat Nomot 443/Kep.274-Hukham/2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Tingkat Daerah Provinsi Jawa Barat dalam rangka percepatan penanganan penanggulangan Covid-19.

Dalam surat keputusan tersebut, menerangkan bahwa persetujuan ini sebagai tindak lanjut dari Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/ 289/2020 tentang Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Wilayah Provinsi Jawa Barat dalam rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Sedianya, pelaksanaan PSBB di Tingkat Provinsi Jawa Barat berakhir pada tanggal 29 Mei 2020.

Namun demikian, dalam SK tersebut tertulis, setelah dilakukan evaluasi, penyebaran Covid-19 di Daerah Provinsi Jawa Barat belum menunjukkan penurunan penyebaran Covid-19 yang dibuktikan dengan masih timbulnya kasus baru.

"Sehingga kami akan menetapkan perpanjangan pemberlakuan PSBB di Tingkat Daerah Provinsi Jawa Barat," tulis keterangan dalam SK yang diterima wartawan, Kamis (28/5/2020).

Perpanjangan ini memiliki beberapa ketentuan yang meliouti wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi (Bodebek).

"Wilayah Bodebek diberlakukan perpanjangan selama 6 hari terhitung mulai tanggal 30 Mei 2020 sampai dengan tanggal 4 Juni 2020, sehingga sesuai dengan PSBB di Wllayah DKI Jakarta," tulis Ridwan seperti dikutip dari SK tersebut.

Sedangkan untuk Wilayah Jawa Barat di luar Bodebek diberlakukan perpanjangan PSBB selama 14 hari terhitung mulai 30 Mei 2020 sampai dengan 12 Juni 2020.

"Diminta agar Bupati/Wali Kota se Jawa Barat dapat menindaklanjutinya dengan menetapkan status PSBB di Daerah Kabupaten/Kota sesuai situasi, kondisi, dan hasil evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten/Kota," papar Ridwan dalan SK nya.

Selanjutnya, Bupati/Wali Kota melaporkan status PSBB di Kabupaten/Kota pasca tanggal 29 Mei 2020 yang akan dijadikan bahan untuk penyesuaian Dana Social Safety Net dari sumber APBD Provinsi Jawa Barat yang diperuntukkan bagi masyarakat terdampak Covid-19 di Kabupaten/Kota.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved