Breaking News:

Penganiayaan

Kasus Pamdal Dianiaya Bocah Usia 13 Tahun Dianjurkan Diselesaikan secara Damai dan Kekeluargaan

Polsek Cakung berharap, kasus penganiayaan yang menimpa pamdal Taman Kamboja dapat diselesaikan secara kekeluargaan karena pelaku masih bocah.

Warta Kota/Rangga Bhaskoro
Lokasi penganiayaan terhadap Zulfikar yang dilakukan bocah berusia 13 tahun di Taman Kamboja, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur. 

 WARTAKOTALIVE.COM, CAKUNG - Polisi telah menerima laporan kasus penganiayaan yang menimpa Pamdal Taman Kamboja, Zulfikar (26). Pelakunya seorang bocah berusia 13 tahun.

Namun, Polsek Cakung berharap, kasus itu dapat diselesaikan secara kekeluargaan.

Kanit Reskrim Polsek Cakung AKP Tom Sirait mengatakan, usia pelaku  masih 13 tahun sehingga pihak kepolisian  wajib melakukan diversi yakni penyelesaian perkara dalam kasus di luar proses peradilan.

"Harus dilakukan, sukses atau tidak diversinya nanti. Sekarang dalam proses penyelidikan, masih mengumpulkan alat bukti," kata Tom Sirait di Cakung, Jakarta Timur, Kamis (28/5/2020).

Proses diversi yang diusulkan penyidik pun bukan kemauan Polsek Cakung melainkan diatur dalam Undang-undang No 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Anak.

Undang-undang itu mengatur lengkap ketentuan penyelesaian perkara dalam kasus yang pelakunya masih di bawah umur.

Pamdal Taman Kamboja Tidak Tahu Motif Bocah Menganiaya Dirinya hingga Berdarah-darah

Dalam pasal 7 ayat 2 huruf a, diversi hanya berlaku bila anak melakukan tindak pidana yang ancaman hukumannya di bawah tujuh tahun.

Sementara dalam huruf b, kedua bila anak yang jadi pelaku tersebut sebelumnya belum pernah melakukan tindak pidana sebelumnya.

"Kita hati-hati saat meriksa pelaku karena menyangkut pelaku anak berhadapan dengan hukum. Harus ada pendampingan dari Bapas (Badan Pemasyarakatan-Red) juga," ujarnya.

Apabila nanti  Zulfikar tak sepakat, maka kasus bisa berlanjut ke ranah hukum.

Halaman
1234
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved