Breaking News:

Gosip Artis

Langgar Aturan Ditjenpas, Dewan Pers Sebut Deddy Corbuzier Wartawan & Karyanya Produk Jurnalistik

Wawancara Deddy Corbuzier dan Siti Fadilah dianggap bermasalah oleh Ditjenpas. Tapi Dewan Pers menyebut itu merupakan produk Jurnalistik.

Warta Kota/Nur Ichsan
Wawancara Deddy Corbuzier dan Siti Fadilah kini disebut tidak sesuai prosedur oleh Ditjenpas Kemenkumham. Di sisi lain, Dewan Pers menyebut bahwa Deddy sudah masuk kategori wartawan, dan karyanya adalah produk jurnalistik. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Wawancara Deddy Corbuzier dan Siti Fadilah kini menjadi masalah dan ramai diperbincangkan di media sosial dan berbagai media arus utama.

Tapi Dewan Pers justru berpendapat bahwa Deddy Corbuzier adalah wartawan, dan karyanya masuk kategori produk jurnalistik. 

Penjelasan pendapat dewan pers itu simak setelah kita membahas apa yang menjadi masalah antara Deddy Corbuzier, Ditjenpas Kemenkumham, dan Siti Fadilah. 

Wawancara Deddy dan Siti Fadilah itu ditayangkan dalam youtube Deddy Corbuzier dengan judul 'SITI FADILAH, SEBUAH KONSPIRASI - SAYA DIKORBANKAN (EXCLUSIVE)'.

Dijenguk Deddy Corbuzier saat Sakit, Siti Fadilah Bantah Korupsi: Musuh Saya Besar, Jadi Saya Kalah

Namun, Ditjenpas kemudian menyebut bahwa wawancara Deddy Corbuzier dan Siti Fadilah tidak memenuhi aturan. 

Kabag Humas dan Protokkol Ditjenpas, Rika Aprianti, dalam keterangan persnya, mengatakan bahwa Kegiatan liputan dan wawancara Siti Fadilah dan Deddy Corbuzer tidak sesuai dan tidak memenuhi persyaratan. 

Persyaratan yang dilanggar adalah Peraturan Menteri Hukum dan HAM Pengelolaan dan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi pada Ditjenpas, Kantor Wilayah Kemenkumham dan UPT Pemasyarakatan, Pas No. MHH-01.IN.04.03, 5 Oktober Tahun 2011.

Selain itu, ujar Rika, peliputan untuk kepentingan penyediaan informasi dan dokumentasi harus mendapat izin secara tertulis dari Ditjenpas.

Pelaksaanaan peliputan juga harus didampingi oleh pegawai pemasyarakatan dan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, sebagaimana tertuang pada Pasal 30 ayat (4).

Jenguk Siti Fadilah Terkulai Sakit di Penjara, Deddy Corbuzier Menangis Mendengar Curhatannya

Selain itu, pasal 32 ayat 2 juga menyebut bahwa wawancara terhadap narapidana hanya dapat dilakukan jika berkaitan dengan pembinaan narapidana.

Halaman
1234
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved