Breaking News:

Film

Belum Berdamai dengan Pandemi Covid-19, 4 Film Lebaran 2020 Ini Batal Diputar Saat Idul Fitri 1441 H

Sudah dua bulan terakhir ini bioskop di seluruh Indonesia terlihat sepi dan tidak memutarkan film.

Penulis: Irwan Wahyu Kintoko | Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Kompas.com/Shutterstock
Ada 4 film Indonesia yang batal ditayangkan selama libur Lebaran 2020 di seluruh bioskop Indonesia akibat wabah virus corona yang belum reda. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Adanya pandemi Covid-19 di Indonesia memaksa bioskop di seluruh Indonesia berhenti beroperasi sejenak sejak 23 Maret 2020.

Sudah dua bulan terakhir ini bioskop di seluruh Indonesia terlihat sepi dan tidak memutarkan film.

Saat banyak orang mendatangi bioskop ketika sedang ada liburan, terutama Lebaran pada Minggu-Senin (24-25/5/2020), bioskop masih belum beroperasi.

Kenyataannya, ada 4 film Lebaran 2020 yang terpaksa tidak diputar selama libur Lebaran, dan menunda penayangannya di bioskop.

"Ada empat film Lebaran yang seharusnya diputar di bioskop Indonesia sejak Kamis (21/5/2020)," kata Yan Widjaya, pengamat film Indonesia, berbincang Senin siang.

Empat film Lebaran 2020 yang batal ditayangkan di bioskop Indonesia adalah Kuntilanak 3 dan Surga yang Tidak Dirindukan 3, Yowes Ben 3 serta Berhenti di Kamu.

Secara keseluruhan, Yan Widjaya mencatat, sejak 19 Maret 2020 sampai sekarang ini sudah ada 24 film Indonesia yang pemutarannya ditunda di seluruh bioskop Indonesia.

Dari 24 film Indonesia itu ada 4 film Lebaran yang batal diputar di bioskop.

"Kondisi penonton di bioskop berkurang karena bioskop ditutup akibat wabah virus corona ini," kata Noorca Massardi, anggota Lembaga Sensor Film (LSF).

Anggy Umbara, sutradara film, menyatakan, saat ini masih menunggu kebijakan pemerintah terkait perkembangan wabah virus corona.

Sebagai pekerja film, Anggy Umbara juga belum bisa melanjutkan penggarapan film baru karena diimbau untuk tetap tinggal di rumah.

"Saya terakhir syuting 3 bulan lalu. Setelah itu diminta untuk di rumah saja pas kelar syuting film terakhir," kata Anggy Umbara.

Jika kebijakan pemerintah sudah memberikan 'lampu hijau' untuk pekerja film dan sineas untuk kembali syuting, Anggy Umbara siap memproduksi film baru.

"Sekarang semuanya on hold, harus break syutingnya," ujar Anggy Umbara.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved