Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Panggil Kembali Pemain Persija U-18 Untuk Ikuti TC

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, kemnbali memanggil pemain muda Persija, Sultan Zico, untuk mengikuti TC.

Shutterstock via KOMPAS.COM
Shin Tae-yong 

Setelah sempat tersisih, penggawa muda Persija Jakarta, Sutan Zico akhirnya dipanggil kembali mengikuti pemusatan latihan (TC) bersama Timnas Indonesia U-19.

Pemain berposisi penyerang tersebut sempat tidak dipanggil ketika Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan pada bulan Maret 2020 lalu.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memantau seleksi Timnas U19, di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memantau seleksi Timnas U19, di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. (pssi.org)


Namun, pada dua kali pemusatan latihan awal Timnas U-19 di Cikarang dan Thailand, Sutan Zico tetap diberikan kesempatan mengisi satu tempat di lini depan.

Kini, kesempatan bergabung ke Timnas Indonesia U-19 datang lagi kepada pemain berusia 18 tahun tersebut.

Zico memiliki ambisi bisa mendapatkan satu tempat dan tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang telah diberikan tim pelatih Timnas Indonesia U-19 yang dipimpin Shin Tae-yong.

“Kesempatan ini tidak boleh disia-siakan oleh saya. Semoga lancar bisa dapat satu tempat di Timnas U-19," kata Sutan Zico, Sabtu (23/5/2020).

Pemain yang memperkuat Persija U-18 bertekad belajar dari kesalahan pada dua edisi TC sebelumnya.

Kelehaman dan kekurangannya akan diperbaiki demi bisa merebut satu tempat di lini depan Timnas Indonesia U-19.

Selain itu, sosok Shin Tae-yong yang memiliki ketegasan menjadi catatan bagi Sutan Zico lebih kerja keras dalam berlatih di lapangan.

"Belajar dari dua TC sebelumnya bersama Shin Tae-yong saya harus lebih kerja keras. Mengingat dia pelatih tegas juga dan tidak kompromi saat pemain melakukan kesalahan,” ujar Zico.

Dalam proses TC yang diikuti, pemain jebolan Timnas Indonesia U-16 itu siap bertarung dengan pemain lainnya secara sehat.

Zico optimis kemampuan yang dimilikinya bisa mendapatkan satu tempat di tim yang dipersiapkan berlaga di Piala Asia U-19 tersebut.

“Saya hanya berusaha maksimal dengan kemampuan yang saya miliki. Semoga hasilnya baik dan ada rezeki di timnas,” ucapnya.

Pada pelaksanaan TC Timnas U-19 digelar secara virtual. Tim pelatih memberikan arahan dan nantinya pemain langsung menjalankan instruksi yang diberikan secara langsung.

Zico mengaku tidak kesulitan menjalankan setiap program dan instruksi yang diberikan tim pelatih Timnas U-19.

“Materinya meliputi core training, weight training dan aerobic exercise. Minggu kemarin intensitas ringan kini sudah tinggi sebelum masuk libur lebaran. Di latihan itu salah satu pelatih fisik langsung memberikan contoh secara live gerakannya. Nantinya akan diikuti pemain ditambah lagi ada dua penerjemah agar pemain mengerti intruksi yang diberikan,” tutup Zico.

Dalam TC Timnas U-19 kali ini, tim Persija Jakarta diwakili oleh lima pemain yakni Sutan Zico, Braif Fatari, Figo Sapta, Risky Muhammad, dan Sandi Arta Samosir.

Kelima pemain itu menjalani pemusatan latihan secara virtual dari tanggal 14 Mei sampai 15 Juni 2020 mendatang.

TC Timnas U-19 kali ini dilakukan sebagai persiapan untuk mengikuti Piala Asia U-19 yang akan berlangsung di Uzbekistan pada 14-30 Oktober 2020.

Selain itu, TC Timnas U-19 menjadi rangkaian persiapan sebelum berlaga di kejuaraan bergengsi Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia pada tahun 2021 mendatang.

Penulis: Valentino Verry
Editor: Valentino Verry
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved