Kesehatan

Di Hari Raya Idul Fitri 1441 H Cuma Segini Jumlah Nastar dan Kastengel yang Boleh Dimakan

Kue nastar, kastengel, dan putri salju mengandung kalori cukup tinggi. Tahukah Anda bahaya yang mengintai dibalik semua kelezatan kue-kue itu?

Primarasa
Nastar 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Sebentar lagi Hari Lebaran tiba. Di hari raya Idul Fitri tersebut biasanya hampir di setiap rumah kita dapat dengan mudah menemukan hidangan kue kering nastar, kastengel, dan putri salju.

Kue-kue yang memiliki rasa gurih dan manis itu memang menggugah selera kita. Apalagi boleh dibilang kita hanya setahun sekali bertemu deretan kue-kue bertekstur lembut tersebut.

Tak sedikit orang yang 'kalap' saat bertemu penganan ini. Dia bahkan saggup menghabiskan kue-kue ini sendirian dalam waktu singkat.

Namun, tahukah Anda bahaya yang mengintai dibalik semua kelezatan dan kenikmatan itu?

Kue nastar, kastengel, dan putri salju mengandung kalori cukup tinggi. Bagaimana tidak, kue-kue ini semuanya dibuat dari bahan dasar berupa tepung terigu yang merupakan salah satu sumber kalori.

Tambahan lagi, trio kue kering tersebut juga diolah dengan menggunakan bahan-bahan tinggi kalori lainnya, semisal gula, mentega, dan telur.

Memang di dalam kue nastar, kastengel, maupun putri salju, bisa ditemukan kandungan nutrisi lain seperti protein dan mineral berupa natrium.

Tapi, kandungan kalori yang tinggi pada ketiga jenis makanan ini layak diwaspadai karena kurang baik untuk kesehatan.

Lebih tinggi dari nasi

Melansir Buku Do’s & Don’t’s Street Food: Jurus Jitu Jajan Sehat di Luar Rumah agar Tetap Langsing & Fit (2012) oleh Hindah Muaris & Gagas Ulung, kandungan kalori pada kue nastar yang tersusun dari 4 gram telur ayam, 25 gram margarin, 25 gram terigu, 5 gram gula pasir, dan 5 gram nanas, bisa mencapai 281 Kkal.

Halaman
123
Editor: Lucky Oktaviano
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved