Otomotif

PSBB dan Larangan Mudik Berlaku, Penghasilan Rental Mobil Nyungsep, Terpaksa Jual Unit

Wabah covid-19 yang memunculkan kebijakan PSBB dan larangan mudik membuat penghasilan perusahaan rental mobil turun drastis hingga 90 persen.

Wartakotalive.com/Mochammad Dipa
Beberapa unit mobil sewaan milik Steer Rent Car di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, terparkir rapi, Selasa (19/5/2020). Akibat pandemi Covid-19, usaha rental mobil ini mengalami penurunan omset hingga 80 persen. 

Selama pemberlakuan masa darurat corona cuma 1 atau 2 unit yang jalan per hari. Bahkan sempat dalam seminggu tidak ada permintaan sama sekali.

Terpaksa menjual 4 unit mobilnya untuk menambal kebutuhan biaya operasional unit kendaraan lainnya.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sewa mobil menjadi salah satu cara masyarakat untuk kembali ke kampung halaman.

Selain tidak dipusingkan tiket moda transportasi umum, menyewa mobil dipilih karena kemudahan menentukan waktu pergi dan pulang sesuai kondisi.

Namun, pada lebaran tahun ini, pandemi virus corona membuat semua orang dianjurkan untuk tetap di rumah dan pemerintah melarang masyarakat untuk mudik ke kampung halaman.

Tak lain tak bukan, hal tersebut untuk memutus mata rantai penularan virus corona.

Penyewa Turun Drastis hingga 95 Persen, Pemilik Rental Mobil Mandiri: Nafas Sudah di Tenggorokan

Sejak Ada Kebijakan Dilarang Mudik, Pengusaha Rental Mobil Kelimpungan Bayar Cicilan Bank

Beberapa unit bus dan mobil yang terparkir di pool Sembodo Rentcar di Jalan Warung Buncit Raya, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (19/5). Akibat pandemi Covid-19, perusahaan rental mobil ini mengalami penurunan omset hingga 90 persen.
Beberapa unit bus dan mobil yang terparkir di pool Sembodo Rentcar di Jalan Warung Buncit Raya, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (19/5). Akibat pandemi Covid-19, perusahaan rental mobil ini mengalami penurunan omset hingga 90 persen. (Wartakotalive.com/Mochammad Dipa)

Lalu bagaimana dengan nasib bisnis penyewaan kendaraan di wilayah Jakarta dan sekitarnya? 

Manajer Sembodo Rentcar Kisnanto Hadi Pribowo mengatakan, sejak merebaknya virus corona atau COVID-19 di Indonesia pada Maret lalu, pendapatan dari perusahaan menurun drastis hingga 90 persen lebih.

Hal tersebut dikarenakan banyak konsumen yang akhirnya membatalkan pemesanan kendaraan di perusahaan penyewaan bus dan mobil yang berlokasi di Jalan Warung Buncit Raya, Kalibata, Jakarta Selatan tersebut.

"Sebelumnya kami bisa jalan 15 unit setiap harinya, sedangkan setelah pemberlakuan masa darurat corona cuma 1 atau 2 unit. Bahkan sempat dalam seminggu tidak ada permintaan sama sekali," ujar Kisnanto kepada Wartakotalive.com, Selasa (19/5/2020).

Hadapi Situasi Sulit, Pengusaha Rental Mobil Minta Pemerintah Bijak Terapkan Relaksasi Kredit

Imbas Wabah Virus Corona, Pemilik Rental Mobil Akui Rumahkan Karyawannya

Halaman
1234
Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved