Virus Corona Jabodetabek

Begini Cara Covid-19 Membuat Terjadinya Gagal Jantung

Seseorang yang menderita penyakit degeneratif di antaranya adalah gagal ginjal, diabetes, dan penyakit jantung mudah terinfeksi Covid-19.

Warta Kota/Repro Youtube
Ketua Kelompok Staf Medik Vaskular RS Jantung Harapan Kita, dr Suko Adiarto Sp.JP (K), PhD, 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Seseorang yang menderita penyakit degeneratif di antaranya adalah gagal ginjal, diabetes, dan penyakit jantung mudah terinfeksi Covid-19.

Bukan hanya mudah terinfeksi, tetapi juga seseorang yang memiliki penyakit degeneratif akan mengalami dampak yang lebih berat bila terinfeksi Covid-19.

Dalam live streaming youtube yang digelar Auto 2000 dengan tema Perjuangan Lawan maut di ICU Covid-19, Ketua Kelompok Staf Medik Vaskular RS Jantung Harapan Kita, dr Suko Adiarto Sp.JP (K), PhD, menjelaskan tentang cara Covid-19 membuat seseorang yang menderita penyakit jantung mengalami gagal jantung.

Pelanggan Kafe di Jerman Pakai Topi Lucu seperti Baling-baling untuk Jaga Jarak

Ketika Petugas Harus Menahan Tangis, saat Memakamkan Bayi 10 Hari PDP Corona

Mensos Tegaskan Distribusi Bansos Tak Menunggu Semuanya Sempurna, BST Tahap I Tersalurkan 60 Persen

Berikut Cara dan Hukum Membayar Zakat Fitrah Online

Suko menyatakan bahwa Covid-19 yang menyerang penderita penyakit jantung membuat terjadinya inflamasi atau peradangan di seluruh tubuh, sehingga peradangan tersebut bersifat sistemik.

Peradangan di pembuluh darah menyebabkan pengerasan dan penyempitan pembuluh darah. Kondisi itu membuat terjadinya gumpalan darah dan pembuluh darah pun menjadi pecah. Kemudian terjadilah serangan jantung.

Suko menambahkan bahwa sifat toksik Covid-19 yang langsung menyerang sel-sel otot jantung membuat penurunan fungsi jantung yang signifikan.

Jantung gagal memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga terjadi penurunan tekanan darah dan membuat serangan jantung. Otak yang tidak mendapatkan pasokan darah menyebabkan terjadinya stroke.

"Tingginya penderita penyakit jantung meninggal dunia akibat Covid-19, karena jumlahnya penderita jantung terserang Covid banyak. Usia juga tidak lepas menyertai mudahnya Covid menginfeksi,' tandas Suko.

Penulis: Dodi Hasanuddin
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved