Breaking News:

Olahraga

Atlet Difabel Kaget Asean Para Games 2020 Batal

Atlet difabel Indonesia terkejut saat mengetahui Asean Para Games 2020 ternyata batal.

Penulis: Valentino Verry | Editor: Valentino Verry
Bola.com
Jendi Pangabean 

Atlet difabel Indonesia terkejut saat mengetahui Asean Para Games 2020 ternyata batal.

Sebab, mereka umumnya sudah berlatih keras mempersiapkan diri, meski saat ini ada wabah virus corona.

Setelah tak lagi berlatih di pelatnas NPC Indonesia akibat pandemi Covid-19, para atlet difabel Indonesia pun dikembalikan ke rumah masing-masing sejak Maret.

Mereka pun rencana akan kembali bergabung pada Agustus, namun baru pekan lalu pemerintah Filipina membatalkan ASEAN Para Games 2020.

Perenang difabel Indonesia, Jendi Pangabean, menceritakan bagaimana terpukul rekan-rekannya mendengar kabar tersebut. Terlebih mereka telah mempersiapkan ini sejak jauh-jauh hari.

“Pertama yang jelas kami butuh suport dari pemerintah karena secara mental kami pasti terganggu semua, kami sudah persiapan lama dan di renang semua itu hampir 90 persen atlet baru,” kata Jendi saat dihubungi Tribunnews, Selasa (19/5).

“Sebenarnya ini ajang pertama mereka untuk mengikuti kejuaraan internasional, jadi harapan mereka sangat dekat untuk mewakili Indonesia, ke luar negeri tapi endinya seperti ini. Secara mental mereka sangat terpukul kan terus apalagi yang sudah ditargeti medali,” sambungnya.

Jendi pun meminta kepada pemerintah agar memperhatikan atlet difabel, pasalnya banyak atlet difabel yang mengandalkan pemasukan dari olahraga ini.

Kalau Jendi pribadi bersyukur masih ada pemasukan dari jabatannya sebagai PNS dan kebuh karet yang ia dapatkan dari hasil prestasi-prestasi sebelumya.

“Yang penting sekarang kami ada suport dari pemerintah, ya ada perhatian ke kami. Suportnya ya materi kalau bisa karena kan atlet selain di pelatnas mereka tidak ada pemasukan lagi, apalagi yang atlet daerah, ini atlet para kan. Banyak yang bergantung di dunia olahraga,” harapnya.

Atlet peraih emas terbanyak dalam ASEAN Paragames 2017 yang merupakan atlet renang Jendi Pangabean (kiri) melakukan
Atlet peraih emas terbanyak dalam ASEAN Paragames 2017 yang merupakan atlet renang Jendi Pangabean (kiri) melakukan "dub" diperhatikan rekannya Guntur usai bertemu presiden di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/10). (Warta Kota/Henry Lopulalan)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved