Berita Tangsel

Penuhi Panggilan Bawaslu, Pemkot Tangsel: Tak Ada Masalah Dalam Pelantikan dan Rotasi Pejabat ASN

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) penuhi panggilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tangsel pada Selasa, 19 Mei 2020.

Warta Kota/Rizki Amana
Kepala BKPP Kota Tangsel Apendi saat memenuhi panggilan Bawaslu RI di Kantor Bawaslu Kota Tangsel, Rawa Buntu, Serpong, Tangsel. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rizki Amana

WARTAKOTALIVE.COM, SERPONG - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) penuhi panggilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tangsel pada Selasa, 19 Mei 2020.

Panggilan tersebut terkait adanya pelantikan dan rotasi pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkot Tangsel oleh Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany pada Jumat, 15 Mei 2020 lalu.

Pihak Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Tangsel Apendi mengatakan pemanggilan tersebut terkait rotasi dan pelantikan ASN jelang perhelatan Pilkada 2020 Kota Tangsel.

Menurutnya pemanggilan itu hanya bersifat mengklarifikasi terkait pelaksanaan pelantikan dan rotasi pejabat.

Sebab, terdapat aturan pada Pasal 71 Ayat 2 Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang kepala daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada dilarang untuk melakukan mutasi pejabat kecuali telah mengantongi izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri RI).

"Saya hadir pada hari ini mewakili Bu Wali. Saya selaku Kepala BKPP memenuhi panggilan dari Bawaslu kaitan dengan proses pelantikan Jumat lalu," kata Apendi usai penuhi panggilan di Kantor Bawaslu Kota Tangsel, Rawa Bantu, Serpong, Tangsel, Selasa (19/5/2020).

"Sehubungan Tangsel akan mengadakan Pilkada di dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada ada pasal menyatakan dalam pemerintah daerah enam bulan sebelum pelaksanaan Pilkada tidak boleh mutasi. Boleh mutasi tapi atas seizin Menteri Dalam Negeri," sambungnya.

Apendi menjelaskan bila hasil tersebut tidak ditemukan pelanggaran dalam rotasi dan pelantiakn pejabat tersebut.

Sebab dalam pelaksanaannya, Pemkot Tangsel telah menerima izin dari Kemendagri RI.

Halaman
1234
Penulis: Rizki Amana
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved