Breaking News:

Kampung Ini Seminggu Dua Kali Kebanjiran Akibat Kali Bekasi Meluap Imbas Hujan Deras di Bogor

“Iya wilayah Teluk Pucung rata-rata terjadi banjir karena kiriman. Dari sungai Cileungsi dan Cikeas Bogor yang aliran ke Kali Bekasi,” kata Ridwan

Istimewa
Luapan air Kali Bekasi merendam rumah warga di Perumahan Pondok Gede Permai, Senin (18/5/2020) malam hingga Selasa (18/5/2020) pagi. 

Kampung Lebak, Kelurahan Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi dilanda banjir usai hujan lebat mengguyur pada Senin (18/5/2020) malam.

Banjir terjadi tak hanya karena hujan lokal melainkan lebih karena kiriman air dari wilayah Bogor.

Jufri (36) warga setempat, mengatakan banjir di wilayahnya bisa terjadi seminggu dua kali. Hal itu terjadi jika air Kali Bekasi naik dan meluap.

“Di sini seminggu bisa dua kali. Kalau air Kali Bekasi naik, di sini pasti banjir,” katanya kepada Wartakotalive.com, Selasa (19/5/2020).

Hal berbeda jika terjadi hujan deras terjadi secara lokal, wilayah Kampung Lebak tidak banjir. Banjir di lokasi ini hanya terjadi ketika debit air Kali Bekasi meningkat.

“Kalau di sini hujan deras segimana juga engga banjir, asal Bogor jangan hujan. Ini banjirnya karena kiriman air, air Kali Bekasi meluap,” ucap dia.

Warga setempat juga sudah bersiaga dan terbiasa menghadapi banjir. Sebab, ada pemberitahuan dari petugas pengawas Tinggi Muka Air (TMA) di wilayah perbatasan Kota Bekasi dan Bogor.

“Kalau TMA nanti kita dikabari berapa waktu perjalanan air ke sini. Kita siap-siap barang-barang dipindah, sudah biasa lah,” papar dia.

Muhammad Ridwan, anggota BPBD Kota Bekasi mengatakan wilayah Teluk Pucung merupakan hilir Kali Bekasi.

Sehingga jika air di hulu meningkat akan terdampak pada kawasan tersebut.

“Iya wilayah Teluk Pucung rata-rata terjadi banjir karena kiriman. Dari sungai Cileungsi dan Cikeas Bogor yang aliran ke Kali Bekasi,” kata Ridwan, pada Selasa (19/5/2020).

Ridwan menerangkan dua rukun tetangga (RT) di Kampung Lebak, Telukpucung, Bekasi Utara yang mengalami kebanjiran cukup parah hingga mencapai 150 centimeter.

Air dari Kali Bekasi meluap mulai meluap pukul 22.00 WIB.

“Tapi Alhamdulillah hujannya tidak lama, jadi tadi jam 4-an sudah surut,” ucap Ridwan.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved