Liga Inggris

Direktur Liga Inggris Ancam Sidak Klub yang Tak Patuhi Protokol Kesehatan

Direktur Liga Inggris, Richard Garlick, memberi peringatan kepada semua klub di negaranya untuk mematuhi protokol kesehatan.

TWITTER.COM/LCFC
Ekspresi Jami Vardy dan Youri Tielemans usai merayakan gol Vardy ke gawang Newcastle United, pada laga pekan ke-7 Liga Inggris, Minggu (29/9/2019). 

Direktur Liga Inggris, Richard Garlick, memberi peringatan kepada semua klub di negaranya untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah disepakati saat menggelar latihan perdana, Selasa (19/5).

Para kontestan Premier League tersebut bisa menerima kunjungan dadakan dari otoritas kesehatan selain latihan mereka dipantau melalui GPS dan analisis video.

Meraih hasil imbang lawan Manchester United, Minggu (20/10/2019), Liverpool berhasil meneruskan catatan tak terkalahan di Liga Inggris musim ini.
Meraih hasil imbang lawan Manchester United, Minggu (20/10/2019), Liverpool berhasil meneruskan catatan tak terkalahan di Liga Inggris musim ini. (Twitter @LFC)

Menurut Richard, mereka juga berencana mengirim inspektur kesehatan ke setiap lapangan latihan tim.

"Kami ingin mengirim tim inspeksi independen yang akan memberikan kami kemampuan melakukan inspeksi di lapangan latihan tanpa memberikan pemberitahuan terlebih dulu," ujarnya dikutip dari BBC. 

Fase pertama Liga Inggris kembali ini dimulai dengan protokol latihan dalam grup kecil dengan maksimal tak lebih dari lima pemain.

Setiap sesi juga harus berlangsung tak lebih dari 75 menit bagi setiap pemain dengan memperhatikan phyisical distancing.

Semua peralatan latihan seperti bola, kerucut, dan tiang gawang harus disemprot desinfektan setelah setiap sesi.

Para pemain juga akan melakukan cek Covid-19 dua kali per minggu serta mengisi kuesioner harian dan cek suhu.

Para perwakilan ke-20 klub Liga Inggris mengadakan pertemuan virtual dengan liga dan otoritas kesehatan, Senin (18/5), untuk memastikan protokol kembali ke latihan.

"Situasi sulit tetapi saya berharap semua akan senang kami berupaya kembali merumput lagi lewat fase pertama ini," tutur pelatih Newcastle, Steve Bruce, di NUFC TV.

"Semua aspek kesehatan sudah di tempat. Saya tak punya isu dan bisa mengatakan kepada para suporter bahwa para pemain dan staff dalam kondisi seaman mungkin," imbuhnya.

Kendati demikian, inspeksi dadakan yang direncanakan bisa saja memberikan temuan-temuan berarti mengingat setengah dari dokter tim dan fisioterapis Liga Inggris yang mengikuti survey mengutarakan bahwa mereka "tidak secara efektif dan penuh diberi konsultasi mengenai kembalinya tim ke latihan".

Setengah dari mereka bahkan tak mengerti "peran, tanggung jawab, dan potensi pertanggung jawaban yang harus mereka tanggung."

Mengenai hal ini seorang perwakilan Premier League mengutarakan bahwa mereka terus berkonsultasi dengan berbagai ahli medis selama proses ini dengan terus melibatkan semua dokter Premier League, otoritas kesehatan, dan pemerintah.

Penulis: Valentino Verry
Editor: Valentino Verry
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved