Kriminalitas

Warga Tangkap Pelaku Curnamor yang Merupakan Napi Program Asimilasi

Kapolsek Serpong, AKP Supriyanto mengatakan Yudi Setiawan (29) dan temannya Mihtahul Anwar (35) merupakan napi yang baru dibebaskan akhir Maret 2020

Ilustrasi maling motor. (Warta Kota/Istimewa) 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rizki Amana

WARTAKOTALIVE.COM, SERPONG - Dua narapidana (napi) yang bebas dengan program asimilasi kembali ditangkap.

Keduanya tertangkap tangan sedang melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di kawasan Kampung Dadap RT 03 RW 03, Rawa Buntu, Serpong, Tangerang Selatan, Minggu, 17 Mei 2020 malam.

Kapolsek Serpong, AKP Supriyanto mengatakan Yudi Setiawan (29) dan temannya Mihtahul Anwar (35) merupakan napi yang baru dibebaskan pada akhir Maret 2020 lalu.

Namun, kedua pelaku itu justru kembali tertangkap basah dan dihadiahi bogem mentah oleh warga setempat saat kepergok melangsungkan aksi curanmor itu.

Maling Motor NMax, Dua Pelaku Babak Belur Dihajar Massa

"Pelaku sempat menjebol kunci kontak sepeda motor milik korban dengan menggunakan kunci T, dan membawa lari motor korban," kata Supriyanto saat dikonfirmasi, Tangsel, Senin (18/5/2020).

Supriyanto menjelaskan kronologi bermula dari kedua pelaku yang beraksi di salah satu rumah warga bernama Ujang (47).

Namun, aksi tersebut bisa digagalkan warga.

Setelah mampu membawa sepeda motor incarannya kawanan pencuri itu tak bisa pergi jauh sebab jalan yang dilalui kedua pelaku terpalang oleh portal warga.

VIRAL Terkonfirmasi, Detik-detik Maling Gondol Motor dari Parkir Apartemen, Pelaku Belum Tertangkap

Warga yang mengejar mereka ke lokasi langsung mengamankan Yudi Setiawan dan Mihtahul Anwar dan memukulinya.

Hingga polisi pun datang dan langsung membawa kedua pelaku yang sudah dalam kondisi babak belur dihakimi oleh warga setempat.

"Setelah mendapatkan pengobatan medis, kedua orang pelaku beserta barang buktinya pun dibawa ke Polsek Serpong untuk proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut," tuturnya.

Mobil Dokter Tirta Dibobol Maling di Serpong, Polisi Janji Memburu Pelakunya

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan, di antaranya satu unit sepeda motor Yamaha Nmax nomor polisi B 4828 NHO milik korban.

Kemudian satu unit sepeda motor Honda Beat bernopol B 6926 VSY, warna merah mambu milik pelaku, satu gagang besi berbentuk T terbungkus bahan lakban warna hitam, dan tiga mata kunci letter T.

Atas perbuatannya itu, pelaku pun dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Dengan ancaman hukuman, maksimal tujuh tahun penjara. (m23)

Penulis: Rizki Amana
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved