Berita Video

VIDEO: Masjid Al Azhar BSD Terima Pembayaran Zakat Online

Pertama, melalui jalur daring atau online yang dikategorikan khusus bagi pemberi zakat (muzakir) berupa nominal uang.

Wartakoatalive/Rizki Amana
Sekretaris As Syarif Al Azhar BSD Amir Maruf 

WARTAKOTALIVE.COM, SERPONG -- Masjid As Syarif Al Azhar BSD, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) menjamin keamanan saat penerimaan zakat fitrah, mal, fidyah, dan shodaqoh.

Sekretaris As Syarif Al Azhar BSD, Amir Maruf mengatakan proses penerimaan zakat dilakukan oleh pihaknya melalui dua metode.

Pertama, melalui jalur daring atau online yang dikategorikan khusus bagi pemberi zakat (muzakir) berupa nominal uang.

Sedangkan, jalur kedua melalui penerimaan secara langsung di lokasi masjid bagi muzakir berupa bahan pangan dan kebutuhan pokok lainnya.

"Kita sudah melaksanakan penerimaan zakat dari tangal 1 Ramadan 1441 H lewat online. Online ini adalah dengan cara transfer ke nomor rekening yang sudah kita sediakan. Salah satunya untuk menghindari dan juga mengikuti arahan pemerintah alam penerapan PSBB (Pembatasan sosial berskala besar)," kata Amir saat ditemui dilokasi kepada Wartakotalive.com, Serpong, Tangsel, Senin (18/5/2020).

 Rumus Cara Menghitung Zakat Fitrah dan Zakat Harta Termasuk yang Punya Perhiasan

 MUI Izinkan Zakat Dimanfaatkan untuk Membantu Penanganan Covid-19

 Nilai Zakat Fitrah 2020 di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan Tangerang Dalam Bentuk Uang

"Akan tetapi dalam perjalanannya memang tidak semua hal bisa kita lakukan dengan cara online. Akhirnya diputuskan pada tanggal 15 Ramadan kita membuka counter untuk penerimaan zakat layanan di tempat," sambungnya.

Amir menjelaskan bagi muzakir yang memilih jalur pertama akan diberikan nomor telepon panitia untuk dilanjutkan tata cara penerimaan zakat sesuai yang ditetapkan.

Sementara, bagi jalur kedua muzakir yang datang di lokasi harus memenuhi syarat aturan protokol kesehatan wabah virus corona.

"Kepada muzakir atau orang yang berzakat secara langsung di masjid, diantaranya adalah harus menggunakan masker, harus mencuci tangan dengan hand sanitizer yang telah kita gunakan. Lalu petugas zakat juga sudah memberikan jarak kepada mereka yang berzakat dengan tempat-tempat yang sudah kita sediakan tentunya juga tidak ada sentuhan," jelas Amir.

 Masjid Raya KH Hasyim Asyari Sepi dari Umat Berzakat Fitrah, Ini Penyebabnya

Ia pun memastikan sejak adanya wabah virus corona yang melanda kawasan Kota Tangsel banyak dari jamaah masjidnya yang memilih melakukan kegiatan ibadah di kediamannya masing-masing.

Halaman
1234
Penulis: Rizki Amana
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved