Virus Corona

Melanggar PSBB, 300 Warga di Depok Dihukum Membersihkan Fasilitas Umum

Mereka dihukum membersihkan fasilitas umum seperti jalan dan taman kota, sambil mengenakan rompi bertuliskan "pelanggar PSBB".

Dishub
Ilustrasi: Dishub DKI mulai lakukan sanksi bagi pengguna kendaraan yang langgar PSBB 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK -- Satpol PP Kota Depok menjaring 300 warga pelanggar PSBB lantaran tidak memakai masker ketika keluar rumah dalam tiga hari belakangan ini.

Mereka dihukum membersihkan fasilitas umum seperti jalan dan taman kota, sambil mengenakan rompi bertuliskan "pelanggar PSBB".

Seperti dilansir dari Kompas.com, Kepala Satpol PP Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny menyebutkan, hukuman yang dikenakan bagi 300 orang itu sebatas sanksi sosial.

“Pertama ditegur, kedua sanksi sosial. Nah, sanksi sosialnya membersihkan fasilitas umum," ujar Lienda kepada wartawan, Senin (18/5/2020).

Langgar PSBB, 15 Restoran di Jakarta Didenda Hingga Rp 50 Juta, Dimulai dari McDonalds Sarinah

Mengacu pada Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 4 Tahun 2020 tentang ketentuan sanksi pelanggar PSBB Bogor-Depok-Bekasi, warga yang tidak mengenakan masker atau berkerumun lebih dari 5 orang di ruang publik dikenakan 3 jenis sanksi administratif.

Pertama teguran, kedua kerja sosial membersihkan fasilitas umum, ketiga denda Rp 100.000 - Rp 250.000.

Lienda mengatakan, tiga jenis sanksi administratif itu dikenakan secara bertingkat.

Razia PSBB di Kranji Bekasi, Aparat Malah Temukan 104 Botol Miras

"Kita lihat kalau dia enggan menggunakan masker, dikenakan denda administrasi, tapi kalau lupa atau ada tapi di tas, sanksi sosial," jelas dia.

Hinga Minggu (17/5/2020), jumlah kasus positif Covid-19 di Depok sudah mencapai 414 kasus, tersebar di 62 dari 63 kelurahan.

Nada Bicara Meninggi, Jokowi: Saya Tegaskan, Belum Ada Kebijakan Pelonggaran PSBB

Dari jumlah itu, 95 pasien dinyatakan sembuh dan 21 orang lainnya meninggal dunia. Angka kematian itu belum menghitung kematian suspect/PDP yang meninggal dengan gejala mirip Covid-19.

Jumlah kematian suspect di Depok sebanyak 68 korban sejak 18 Maret 2020 dan sampai sekarang tak dikonfirmasi positif atau negatif Covid-19 oleh Kementerian Kesehatan RI.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "300 Warga Tak Pakai Masker di Depok Dihukum Bersihkan Jalan"

Editor: Murtopo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved