Tiba di Bandara, Pekerja Migran Indonesia Langsung Diangkut Bus PPD ke Asrama Haji Pondok Gede

Para pekerja migran Indonesia yang dipulangkan dalam upaya penanganan Covid-19 berdatangan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Dok. PPD
Para TKI dan ABK yang baru tiba di Asrama Haji Pondok Gede. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Para pekerja migram indonesia (PMI) yang dipulangkan dalam upaya penanganan Covid-19 terus berdatangan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Seperti pada Rabu (13/5/2020) lalu, sebanyak 200 orang PMI yang terdiri dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan Anak Buah Kapal (ABK). Mereka kemudian menjalani pemeriksaan kesehatan hingga bisa diantarkan ke Asrama Haji Pondok Gede menumpangi fasilitas bus Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD).

"Angkasa Pura II selaku pengelola bandara bekerja sama dengan pihak kami untuk melaksanakan penugasan mobilisasi penjemputan dan pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke tempat pemeriksaan lebih lanjut yang berlokasi di Asrama Haji Pondok Gede dan RS BBK Cilandak," ucap Dirut Perum PPD Pande Putu Yasa melalui keterangan tertulisnya, Jumat (15/5/2020).

Miris, 16 Pekerja Migran Terlindas Kereta akibat Kelelahan Jalan Kaki Sepanjang 36 Km di Rel Kereta

Setelah tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, selanjutnya mereka wajib dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di tempat yang telah ditentukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan.

Apabila hasilnya negatif maka akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan keadaannya dan jika hasilnya positif langsung dirujuk ke rumah sakit untuk dilakukan penanganan yang lebih serius.

"Untuk mendukung sinergi ini, Perum PPD telah menyiapkan 10 unit bus yang dioperasikan dengan mengacu kepada protokol yang berlaku. Petugas kami diwajibkan memakai APD dan mengikuti protokol keamanan dan kesehatan penanganan Covid-19. Pemulangan ABK ini akan terus dilakukan setiap harinya hingga waktu yang belum ditentukan," ujarnya.

Pemerintah Didesak Sahkan Aturan Pelindungan Pekerja Migran Awak Kapal Perikanan

Pihaknya berkomitmen untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 melalui kontak fisik antar penumpang, pembersihan rutin armada operasi menggunakan desinfektan, menyediakan hand sanitizer dan masker di setiap armada, serta memakai sarung tangan yang pakai oleh para pengemudi.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved