Breaking News:

Bulan Suci Ramadan

Rakaat Terakhir Witir Wajibkah Baca 3 Surat AnNas, Al Falaq dan Al Ikhlas? Begini Penjelasannya

Dalam rakaat terakhir salat witir ketika di masjid sering terdengar Imam membaca 3 surah, yaitu An Nas, Al Falaq dan Al Ikhas, apa dasarnya?

Editor: Dian Anditya Mutiara
net
Ilustrasi -- Salat tarawih di rumah 

WARTAKOTALIVE.COM -- Apakah pada rakaat terakhir shalat witir harus membaca tiga qul (An-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas). Bagaimana hukumnya, mohon penjelasan?

Berikut penjelasan Ustadz H Nasrihul Haq

Terkait dengan bacaan surah yang disunnahkan pada shalat witir, terdapat beberapa riwayat yang menjelaskannya, antara lain: “Dari ‘Ubay bin Ka’ab beliau berkata: Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam shalat witir dengan membaca Sabbihismarabbikal a’laa (al-A’la), dan Qul yaa ayyuhal kafirun (al-Kafirun), dan Qul huwallahu ahad (al-Ikhlas)” (HR. Ahmad, An-Nasai dan yang lainnya)

Riwayat ini menyebutkan bahwa bacaan surah pada rakaat terakhir (rakaat ketiga) shalat witir adalah surah Al Ikhlas.

Dalam sebuah riwayat juga dinyatakan bahwa Aisyah ra ditanya tentang surah yang dibaca oleh Nabi Muhammad SAW dalam shalat witir.

Bacaan Doa Setelah Salat Tarawih dan Salat Witir, Disertai Arab dan Latinnya

Lalu dia menjawab, “Pada rakaat pertama beliau membaca sabbihisma rabbika al-A‘la, pada rakaat kedua membaca qul ya ayyuha al-kafirun, dan pada rakaat ketiga membaca qul huwallahu ahad dan al-mu‘awwidzatain. Al-mu‘awwidzatain adalah qul a‘udzu bi rabbi al-falaq dan qul an-nas).” (HR Tirmidzi)

Riwayat yang kedua ini menunjukkan bahwa bacaan surah pada rakaat terakhir dari salat witir adalah 3 surah yang biasa disebut 3 Qul, yaitu surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas.

Adapun membaca surah-surah yang lain selain 3 surah tersebut pada dasarnya dibolehkan.

Hal ini didasarkan pada sebuah hadits riwayat An-Nasai yang menyebutkan bahwa Abu Musa Al-Asy’ary pernah menunaikan shalat witir satu rakaat dengan membaca 100 ayat dari surat An-nisa, kemudian beliau mengatakan: “aku membaca apa yang dibaca Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam”.

Tanda Malam Lailatul Qadar Bisa Dirasakan Bagi Orang Beriman Secara Langsung dengan Cara Ini

Jadi bacaan surah yang disunnahkan dalam shalat witir adalah Surah Al-A’la pada rakaat pertama, Al-Kafirun pada rakat kedua, dan Al-Ikhlas pada rakaat terakhir.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved