Breaking News:

Virus Corona

Masih Pandemi Covid-19, Resort di Kepulauan Seribu Mulai Beroperasi

Masih Pandemi Covid-19, Resort di Kepulauan Seribu Mulai Beroperasi. Simak selengkapnya di dalam berita ini.

istimewa
Suasana Pantai Cikaya, Pulau Karya, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu pada Sabtu (22/2/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu mulai mengizinkan resort-resort yang ada di wilayahnya untuk kembali membuka usahanya dan beroperasi seperti biasa.

Padahal seperti diketahui saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir dan masih ada peningkatan jumlah kasus yang terjadi di Indonesia khususnya di DKI Jakarta.

Hal tersebut berdasarkan keluarnya surat balasan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu kepada Asosiasi Pengelola Resort Kepulauan Seribu.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Industri Kreatif (Parekraf) Puji Astuti mengatakan surat balasan itu menyikapi permohonan pembukaan kembali resort-resort yang ada.

Banyak Pekerjaan Dinda Kirana Harus Ditunda karena Pandemi Virus Corona

"Pemkab sudah mengirimkan surat balasan terhadap Asosiasi Pengelola Resort. (Sebelumnya ada) permohonan buka resort dari asosiasi tersebut," jelas Puji, Jumat (15/5).

Menurut Puji, pada dasarnya resort adalah jenis usaha yang mendapat pengecualian dalam pelarangan beroperasi tempat usaha selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Hal tersebut seperti yang tercantum dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 33 Tahun 2020 tentang pelaksanaan PSBB dalam penanganan Covid-19 di DKI Jakarta.

"Sesuai dengan Pergub Nomor 33 Tahun 2020 Pasal 10 disebutkan perhotelan termasuk kriteria yang dikecualikan untuk pemberhentian aktivitas," kata Puji.

Hanya saja ketika beroperasi kembali seperti sedia kala, resort-resort tersebut harus menerapkan kebijakan standar protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Terungkap Kasus Pengeroyokan di Jalur Pantura. Ternyata Korban Anggota TNI Angkatan Laut Aktif

Namun demikian hingga saat ini, resort-resort yang sudah kembali beroperasi tersebut belum menerima satu pun tamu untuk menginap. "Saya cek belum ada yang nerima tamu," ucap Puji.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu sempat membatasi akses menuju pulau dimana hanya warga dengan KTP Kepulauan Seribu saja yang diperbolehkan keluar masuk pulau.

Ketika itu tidak ada satu pun wisatawan yang diperkenankan memasuki wilayah Kepulauan Seribu. Bahkan kapal kelas bisnis yang biasa di Dermaga Marina, Ancol dinonaktifkan sementara. 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved