Breaking News:

Pendidikan

Sebanyak 694 Mahasiswa Baru Universitas Indonesia Ajukan Bantuan Biaya Pendidikan, Dampak Covid-19

Sebanyak 694 dari 1.106 mahasiswa baru UI mengajukan Biaya Operasional Pendidikan-Berkeadilan (BOP-B) dan 102 orang lainnya mengajukan KIP-K.

Penulis: Mochammad Dipa | Editor: Fred Mahatma TIS
Dok. Wartakotalive.com
ILUSTRASI Kampus Universitas Indonesia. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini memberikan bantuan kepada 694 mahasiswa baru melalui Biaya Operasional Pendidikan-Berkeadilan (BOP-B), menyusul pandemi covid-19. 

“Jika dilihat secara jumlah, maka sebanyak 694 mahasiswa menerima bantuan biaya Pendidikan dari UI, sementara 102 lainnya (penerima KIP-K) tidak dikenakan biaya Pendidikan apapun...”

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Pandemi virus corona yang terjadi hampir dua bulan terakhir telah mengakibatkan efek di sektor ekonomi masyarakat.

Tak terkecuali di dunia pendidikan. Saat ini banyak ditemui mahasiswa yang mengaku kesulitan membayar kewajiban Uang Kuliah Tunggal (UKT) akibat orangtuanya terdampak covid-19, sehingga mereka mengajukan keberatan atau bantuan dana.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta Siapkan Skema Pembukaan Sekolah pada Juli 2020

Orientasi Pendidikan di Indonesia Harus Antisipasi Percepatan Perubahan Dunia

Prinsip Pendidikan Ki Hajar Dewantara.Sama dengan Prinsip Pendidikan Modern

Seperti yang terjadi di Universitas Indonesia. Di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini, dari total 1.106 mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN 2020, sebanyak 694 mahasiswa di antaranya mengajukan Biaya Operasional Pendidikan-Berkeadilan (BOP-B) dan 102 orang lainnya mengajukan Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K).

Sementara sisanya melakukan pembayaran dengan metode Biaya Operasional Pendidikan-Pilihan (BOP-P).

“Jika dilihat secara jumlah, maka sebanyak 694 mahasiswa menerima bantuan biaya Pendidikan dari UI, sementara 102 lainnya (penerima KIP-K) tidak dikenakan biaya Pendidikan apapun,” ujar Dra Amelita Lusia MSi CPR Kepala Biro Humas dan KIP UI dalam keterangan resminya melalui WhatsApp kepada Wartakotalive.com, Kamis (14/5/2020).

Rumah Sakit Universitas Indonesia Tambah 41 Tempat Tidur Pasien Covid-19

Universitas Indonesia Kirimkan Surat Terbuka untuk Jokowi Minta Lockdown Lokal Segera Diberlakukan

Sitti Hikmawatty Ternyata Lulusan 3 Kampus Terkemuka, Salah Satunya Universitas Indonesia

Kemampuan bayar penanggung

BPOP-B merupakan mekanisme penetapan biaya pendidikan calon mahasiswa baru UI untuk jenjang S1 Reguler berdasarkan kemampuan bayar penanggung biaya pendidikan.

Amel menerangkan, dengan adanya BOP-B, mahasiswa berhak menentukan berapa kesanggupan biaya kuliah per semester dengan rentang biaya dari Rp 100.000 - Rp 5 juta per semester untuk rumpun ilmu Sosial Humaniora.

Sementara untuk rumpun ilmu Sains Tekno dan Kesehatan rentangnya dari Rp 100.000 – Rp 7,5 juta per semester.

“Di UI, semuanya namanya Uang Kuliah Tunggal (UKT). Artinya, dalam satu semester hanya perlu membayar biaya Pendidikan per semester, nggak ada lagi  biaya tambahan seperti SKS, biaya ujian, dan sebagainya,” jelas Amel.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved