Virus Corona Jabodetabek

Warga Kelurahan Pondok Betung Dapat Rapid Test Gratis dari BIN, Termasuk Zona Merah Covid-19

Badan Intelijen Negara (BIN) gelar kegiatan rapid test virus corona secara massal di Kelurahan Pondok Betung untuk masyarakat umum

Wartakotalive/Rizki Amana
Rapid Test digelar BIN untuk masyarakat di Kelurahan Pondok Betung, Pondok Aren, Tangsel, Kamis (14/5/2020). 

Upaya Perangi Wabah virus Corona, BIN Adakan Rapid Test Bagi Masyarakat Pondok Betung

WARTAKOTALIVE.COM, PONDOK AREN - Badan Intelijen Negara (BIN) gelar kegiatan rapid test virus corona secara massal di Kelurahan Pondok Betung, Pondok Aren, Tangerang Selatan (Tangsel) bagi masyarakat umum, Kamis  (14/5/2020).

Staf Khusus KaBIN Mayor Jenderal (Purn), Neno Hermiano mengatakan kegiatan rapid test itu diadakan atas intruksi dari Kepala BIN, Jenderal Pol. (Purn) Budi Gunawan sebagai deteksi lanjutan terhadap penyebaran virus corona di Indonesia.

Serta bentuk dukungan terhadap program Pemerintah Indonesia dalam mempersempit laju infeksi corona dari satu individu ke individu lain.

"Dengan upaya kita ini yang dapat mendeteksi lebih awal dan diharapkan dapat memutus mata rantai Covid-19," ungkap Hermiano kepada wartawan, Pondok Aren, Tangsel, Kamis (14/05/2020).

Rapid Test Massal di Kelurahan Kayu Manis Jakarta Timur, Sasar Pemukiman Padat Penduduk

Rapid Test digelar BIN untuk masyarakat di Kelurahan Pondok Betung, Pondok Aren, Tangsel, Kamis (14/5/2020)
Rapid Test digelar BIN untuk masyarakat di Kelurahan Pondok Betung, Pondok Aren, Tangsel, Kamis (14/5/2020) (Wartakotalive/Rizki Amana)

Menurutnya lokasi diadakannya rapid test didasari akan wilayah yang terdeteksi sebagai zona merah penyeberan wabah virus corona seperti kawasan Pondok Betung.

"Wilayah ini terpilih karena daerah ini merupakan episentrum penyebaran Covid-19," kata Neno.

Ia menjelaskan pihaknya menyediakan 500 alat rapid test kit serta dua unit mobil laboratorium untuk pemeriksaan swab.

Hasil Rapid Test Virus Corona, 24 Tahanan Rutan Pondok Bambu Positif Covid-19, Masuk Golongan OTG

Menurutnya, bila hasil rapid test sesorang menunjukan hasil reaktif, maka pemeriksaan akan dilanjutkan dengan metode molekuler atau PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk mendeteksi positif atau tidaknya individu tersebut.

"Kita juga melakukan Swab Test untuk orang-orang yang ODP dan isolasi mandiri, di mana hasilnya akan lebih cepat yaitu dalam waktu lima jam, sehingga akan memberikan kepastian kepada warga yang selama ini menjalani isolasi mandiri," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Rizki Amana
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved