Berita Video

VIDEO: Pedagang Keripik Bawang Naik Omzet Menjelang Lebaran 1431 Hijriyah

Jenis makanan ringan sejenis mirip pangsit goreng yang terbuat dari campuran terigu, daun bawang, daun seledri, gula dan garam ini

warta kota
Usaha Keripik Bawang di Palmerah 

WARTAKOTALIVE.COM, PALMERAH- Saat ini banyak usaha ekonomi yang terpuruk akibat pandemi Covid-19, namun tidak demikian bagi Juli pemilik usaha makanan ringan keripik bawang di kawasan Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (14/5/2020).

Sementara usaha lain tutup dan tak berproduksi akibat terdampak Covid-19, tapi usaha yang digelutinya sejak tahun 80-an ini justeru kebanjiran order.

Jenis makanan ringan sejenis mirip pangsit goreng yang terbuat dari campuran terigu, daun bawang, daun seledri, gula dan garam ini omsetnya naik hingga 100 persen.

Selain membuat keripik bawang original ia juga memproduksi biji ketapang, keripik bawang jeruk dan keripik bawang balado.

Meski pembelinya hanya berasal dari wilayah Jabodetabek, tapi Juli mengaku kewalahan memenuhi pesanan konsumen.

"saking larisnya ada pembeli yang rela lebih dulu transfer untuk pesan barang", kata Juli.

Usaha yang digeluti ini sudah berjalan 3 generasi yang dirintis oleh sang kakek, Cembi di kawasan Parung Panjang dilanjutkan oleh sang ayah, iwan yang kemudian buka di daerah Kemanggisan dan dilanjutkan oleh dirinya.

Per hari Juli mampu memproduksi 8 bal, di mana satu bal, sama dengan 25 kilogram, para pembeli umumnya datang sendiri ke tempat usaha sekaligus tempat produksi.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus meningkat, ia membuka 2 lokasi baru di kawasan Bekasi 2 yang di jalankan salah seorang anaknya.

Juli menawarkan produknya dalam paket Rp 20 ribu/8 ons dalam kemasan kardus dan per bal dengan ukuran 3.5 kilogram yang dipatok harga Rp 60 ribu.

Menurut Juli kunci suksesnya ini didapat selain dengan kerja keras. Mempertahan kualitas mutu dan rasa serta harga yang terjangkau.

Penulis: M Nur Ichsan Arief
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved