PBB

Pemkab Tangerang Bebaskan Denda PBB di Tengah Pandemi Covid-19

BapendaKabupaten Tangerang memberikan insentif pembebasan sanksi denda administrasi kepada Wajib Pajak Bumi dan Bangunan.

Warta Kota/Andika Panduwinata
Ilustrasi - Kabar baik untuk masyarakat Tangerang, karena denda pajak bumi dan bangunan di Tangerang dihapus selama satu bulan 

WARTAKOTALIVE.COM, TIGARAKSA - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang memberikan insentif pembebasan sanksi denda administrasi kepada Wajib Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Pedesaan dan Perkotaan (PBB P2).

Kebijakan ini diberikan di tengah situasi pandemi wabah virus corona atau Covid-19. Hal tersebut disampaiakan Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang, Somat Atmaja, Kamis (14/5/2020).

 Soma Atmaja, mengatakan, insentif ini berupa pembebasan sanksi denda administrasi bagi pajak bumi dan bangunan sektor pedesaan perkotaan selama masa pandemi adalah diberikan pembebasan sanksi denda administrasi hingga 31 Agustus 2020.

"Kami harapkan dengan adanya insentif ini masyarakat bisa lebih semangat untuk membayarkan pajaknya meskipun di tengah situasi pandemi. Pemberian insentif tersebut untuk seluruh masa pajak bumi dan bangunan, insentif ini diberikan sampai dengan 31 Agustus 2020," ujar Soma, Kamis (14/5/2020).

Menurut Soma, mari manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin informasikan kepada masyarakat yang lain. Sebab, pajak yang dibayarkan digunakan sepenuhnya untuk membiayai roda pemerintahan Kabupaten Tangerang.

Kemudiansebagian digunakan untuk membiayai kebutuhan anggaran kesehatan dan jaring pengaman sosial serta penanggulangan dampak ekonomi dalam memerangi Covid-19.

"Semoga masyarakat yang biasanya tidak bayar PBB dengan alasan belum punya uang untuk menanggung dendanya dan lain-lain dengan adanya kebijakan penghapusan denda administrasi ini bisa meningkatkan minat masyarakat untuk membayar PBB," ucapnya.

Sementara itu Dwi Chandra Budiman selaku Kabid PBB dan BPHTB pada Bapenda Kabupaten Tangerang menambahkan bahwa insentif penghapusan denda atau sanksi administrasi denda PBB dalam masa pandemi ini salah satu amanat dari pemerintah pusat, Gubernur Banten dan Bupati Tangerang.

3 Cara Agar Terhindar dari Kejahatan Skimming ATM Hingga Dijelaskan Cara Kerjanya

Ditembak Sniper Berjarak 7 Meter saat Sedang Sholat, Aneh Peluru Gagal Meluncur ke Arah Soekarno

Robert De Niro Sebut Si Gila Trump Tak Peduli Seberapa Banyak Orang Mati karena Virus Corona

"Covid-19 ini dampaknya menghantam semua lapisan bukan hanya kalangan-kalangan tertentu. Tapi hampir semua kalangan terkena dampak dan itu yang menjadi pertimbangan kami memberikan insentif tersebut untuk seluruh masa pajak bumi dan bangunan dan insentif ini diberikan sampai dengan 31 Agustus 2020," kata Dwi.

Dwi menyebut ini adalah kesempatan yang bisa digunakan oleh para wajib pajak yang biasanya masyarakat enggan untuk membayar pajak karena dendanya. Dengan adanya penghapusan denda ini bisa menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk memenuhi kewajiban perpajakannya.

Halaman
12
Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved