E Commerce

Cegah Pencurian Data, CEO Tokopedia Sarankan Pengguna Ubah Password Akun Tokopedia secara Berkala

CEO dan Founder Tokopedia Wiliam Tanuwijaya meminta kepada pengguna Tokopedia untuk mengganti password-nya secara berkala untuk cegah pencurian data.

tokopedia
Kantor Pusat Tokopedia. Demi keamanan, CEO Tokopedia meminta para pengguna agar mengganti password akunnya secara berkala. 

Para pengguna disarankan untuk memastikan mengganti kata sandi akun Tokopedia secara berkala serta tidak menggunakan kata sandi yang sama di berbagai platform digital. 

WARTAKOTALIE.COM, JAKARTA - CEO dan Founder Tokopedia Wiliam Tanuwijaya memberikan surat kepada pengguna terkait bocornya 91 juta data pengguna Tokopedia oleh para peretas yang terjadi pada 2 Mei 2020.

Wiliam mengungkapkan bahwa pihaknya terus berupaya membangun, mengembangkan dan meningkatkan sistem platform sesuai standar terbaik dunia.

"Pada tanggal 2 Mei 2020, kami menyadari adanya pencurian data oleh pihak ketiga yang tidak berwenang terkait informasi pengguna Tokopedia," tulis Wiliam pada suratnya kepada pengguna, Selasa (12/5/2020).

Ini yang Harus Dilakukan Pelanggan Tokopedia untuk Mencegah Peretasan Lanjutan

Tokopedia Jadi Trending, 15 Juta Akun Pengguna Situs Tersebut Diduga Diretas, Masih Amankah?

"Selain pemberitahuan yang telah kami informasikan sebelumnya, kami ingin memberikan informasi terbaru terkait langkah-langkah yang telah kami ambil hingga saat ini untuk mengatasi kejadian tersebut," tulisnya lagi. 

William menegaskan, setelah kejadian tersebut, pihaknya memulai proses investigasi dan mengambil langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memastikan akun dan transaksi tetap terjaga.

“Kami terus pastikan bahwa kata sandi telah dienkripsi dengan enkripsi satu arah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Tokopedia bekerjasama dengan Pemerintah yakni Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Badan Siber dan Sandi Negara untuk melakukan investigasi dan memastikan perlindungan data pribadi.

Ini Deretan Inovasi Fitur Tokopedia di Tengah Covid-19, dari Tokopedia Play hingga Beli Langsung

Thermos Hadirkan Koleksi Botol Minuman Edisi Khusus Luar Angkasa, Dapatkan via Tokopedia

Selain itu, pihaknya juga menunjuk institusi independen kelas dunia yang memiliki spesialis di bidang keamanan siber dalam membantu investigasi dan identifikasi langkah-langkah yang diperlukan serta meningkatkan perlindungan data para pengguna Tokopedia.

 “Pengguna kami adalah prioritas utama. Maka dari itu, sebagai langkah pencegahan tambahan, kami senantiasa mengajak seluruh pengguna Tokopedia mengikuti anjuran langkah pengamanan agar semua tetap terlindungi,” ujar William.

Ganti sandi secara berkala

Halaman
1234
Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved