Pilkada 2020

Terbentur Aturan, KPU Depok Tak Dapat Beri Sanksi Parpol dan Bakal Calon Nakal

Terbentur Aturan, KPU Depok Tak Dapat Menyemprit Parpol dan Bakal Calon Nakal. Simak selengkapnya dalam berita ini.

Istimewa
ILUSTRASI Pilkada 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna mengatakan hingga saat ini belum dapat dipastikan kapan tahapan Pilkada Depok akan dilaksanakan.

Meski Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) telah dinyatakan bahwa Pilkada serentak akan berlangsung pada Desember 2020.

Namun tahapan seperti pendaftaran dan penetapan calon peserta belum dapat dipastikan tanggalnya.

"Kami sifatnya masih menunggu arahan dari pusat, sejauh ini belum ada kepastian, KPU RI pun masih akan melakukan beberapa hal lagi sebelum melakukan penetapan tanggal," kata Nana saat dihubungi Warta Kota melalui sambungan telepon, Jumat (8/5/2020).

Korsleting Listrik Mobil Honda Mobilio Terbakar di Dekat Gerbang Tol Rawamangun

Dengan demikian, Nana mengaku pihaknya belum dapat mengambil langkah terkait adanya informasi partai politik (parpol) maupun mereka yang berencana maju sebagai Wali Kota maupun Wakil Wali Kota Depok, yang menyertakan foto atau simbol parpol dalam memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Untuk itu, Nana belum mau berkomentar perihal banyaknya parpol maupun bakal calon yang diam-diam mencuri start kampanye ditengah kesulitan masyarakat akibat pandemi Covid-19.

"Kalau itu No Comment dulu, kami masih harus menunggu arahan terkait tahapan Pilkada," paparnya.

Ya, sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok, Nana mengaku hingga kini pihaknya belum bisa berbuat apa-apa perihal parpol dan bakal calon yang terkesan berkampanye dengan berkedok memberikan bantuan kepada masyarakat.

Pertamina Peduli di Tengah Wabah Virus Corona, Bagikan Sembako ke 500 Anak Yatim di Jakarta Utara

Sebab, kata Nana, pihaknya bekerja sesuai aturan yang berlaku. Untuk itu, selama tahapan Pilkada Depok belum dimulai, maka tak ada tindakan yang dapat dilakukan KPU Depok dalam menertibkan parpol dan bakal calon yang nakal.

"Ya saya juga banyak dapat informasi terkait adanya parpol ataupun mereka yang mau maju (Pilkada Depok) yang memberikan bantuan dengan menyertakan logo partai atau foto diri," tuturnya.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved