Belanda

Ronald Koeman Sudah Boleh Pulang ke Rumah Seusai Operasi Jantung

Pelatih tim nasional Belanda berusia 57 tahun tersebut telah menjalani operasi katerisasi jantung dengan sukses dan akan kembali ke rumah.

@OnsOranje
Pelatih Timnas Belanda Ronald Koeman sedang memberi intruksi pemainnya 

Operasi jantung yang dijalani pelatih tim nasional Belanda, Ronald Koeman, berjalan lancar. Kondisinya sudah berangsur membaik dan sudah diizinkan untuk pulang ke rumah pada keesokan harinya.

Seperti dilansir dari laman berita AS, Koeman sempat dilarikan ke rumah sakit University Medical Center (UMC), Minggu malam waktu setempat, seusai mengeluh sakit pada bagian dada. Tim medis segera melakukan penanganan dan melakukan operasi jantung terhadap pria yang sudah berusia 57 tahun tersebut.

Ronald Koeman (REUTERS / Andrew Yates )
Ronald Koeman (REUTERS / Andrew Yates ) (Antaranews.com)

Menurut istri Koeman, Bartina, dan agennya, Rob Jansen, seperti dikutip media massa Belanda, De Telegraaf, kondisi Koeman sudah stabil. Komentar resmi yang dikeluarkan oleh agensi Jansen's Wasserman juga mengkonfirmasi kalau mantan kapten tim nasional Belanda itu sudah boleh pulang pada Senin (4/5/2020).

"Ronald Koeman dibawa ke rumah sakit malam ini (Minggu malam) setelah mengeluar sakit pada bagian dada. Pelatih tim nasional Belanda berusia 57 tahun tersebut telah menjalani operasi katerisasi jantung dengan sukses dan akan kembali ke rumah besok," tulis laporan De Telegraaf.

Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda, KNVB, terkejut mendengar kabar ini. Lewat akun Twitter resminya, KNVB menyampaikan dukungan moril kepada Koeman dan keluarga.

"Ini mengejutkan. Beruntung semua sudah kembali lebih baik. Semakin kuat dan sehat, coach," bunyi pernyataan dari KNVB.

Manajer Southampton, Ronald Koeman.
Manajer Southampton, Ronald Koeman. (Kompas.com)

Koeman merupakan salah seorang generasi emas sepak bola Belanda. Semasa aktif sebagai pemain, Koeman pernah memperkuat, Groningen, Ajax, PSV, Barcelona, dan Feyenoord.

Koeman menjadi juara Eropa bersama PSV dan Barcelona. Dia kemudian melanjutkan karier sebagai pelatih. Koeman merebut trofi kala memimpin Ajax, Benfica, PSV, Valencia, dan AZ Alkmaar.

Koeman membawa tim nasional Belanda menjadi runner-up pada National League Final 2019. Dia juga memastikan tim Oranye lolos kualifikasi Piala Eropa 2020 yang ditunda karena pandemi Covid-19.

Koeman memiliki kontrak bersama tim nasional Belanda hingga Piala Eropa 2020. Setelah itu Koeman dikabarkan bakal menangani Barcelona.

Penulis: Merdi Iskandar
Editor: Merdi Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved